RSS
Gallery

Tata Cahaya Ruang Kerja

21 Jun

Tata cahaya dalam sebuah ruang belajar ataupun ruang kerja adalah unsure yang sangat penting. Itu karena tanpa jumlah cahaya yang cukup, maka akan dapat berpengaruh pada kesehatan mata kita. Jumlah cahaya yang cukup itu dapat dihasilkan dari perpaduan antara tipe pencahayaan seperti general lighting, task lighting, dan accent lighting. Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan indirect lighting sebagai general lighting. General lighting yang langsung mengarah ke bawah bisa menyebabkan bayangan ke beberapa bagian ruang. Akan lebih baik jika dipantulkan dulu ke plafon atau media lain agar cahaya bisa menyebar dengan lebih rata. Sangat disarankan juga untuk menggunakan warna-warna cerah pada dinding dan plafon ruangan kerja agar mempermudah pemantulan cahaya.

Penggunaan task lighting sangat perlu karena kita seringkali memfokuskan mata kepada layar computer yang sudah sangat jelas hal ini tidak baik untuk dalam jangka waktu lama tanpa adanya cahaya tambahan selain cahaya dari layar computer. Task lighting yang biasa digunakan adalah lampu meja karena lampu meja ini sangat fleksibel hingga dapat diletakkan dimana saja sesuai kebutuhan.

Penggunaan cahaya alami adalah sumber cahaya paling baik. Cahaya ini memiliki bio-effect yang sangat baik dalam mempengaruhi kinerja manusia. Penggunaan kaca film dalam hal ini sangat tidak disarankan. Akan lebih baik jika anda menggunakan tirai ringan yang mampu menghalangi cahaya namun tidak menghalangi seluruh bagian cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

Sedangkan untuk penggunaan warna cahaya, penggunaan cahaya berwarna putih akan dapat membuat ruabg kerja tetap dalam suasana semangat. Karena secara psikologis tubuh manusia akan merasa berada di siang hari dan tetap aktif.

 

Tags: , , , ,

2 responses to “Tata Cahaya Ruang Kerja

  1. dinda

    June 21, 2011 at 10:57 am

    yang pasti harus terang, biar jelas dan bisa konsentrasi waktu kerja..

     
    • DESIGNING MY LIFE

      June 27, 2011 at 2:55 am

      iya…kalo cahaya tidak cukup, kerja juga pasti tidak bisa konsentrasi…🙂

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: