RSS

Belanja Praktis Via Internet

18 Jul

Belanja Di Online Shop

Tren belanja online di Indonesia semakin meningkat. Hal ini tidak terlepas dari semakin tingginya rasa nyaman dan keamanan masyarakat dalam mengakses internet. Belanja barang secara online via internet kini menjadi alternative utama bagi para penggila belanja ketimbang harus pergi ke pusat perbelanjaan dan mengalami kepadatan lalu lintas menuju pusat perbelanjaan terutama di kota yang tingkat kepadatan lalu lintasnya sangat tinggi seperti Jakarta. Akan tetapi dengan kemudahan bertransaksi online bukan berarti tidak ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam berbelanja online. Berikut tips singkat untuk anda dalam berbelanja online.

Barang yang dijual. Perhatikan barang yang dijual mulai dari penampakannya di foto sampai kualitas serta harganya. Berhubung barang yang di jual kita tidak bisa melihatnya secara langsung, maka akan lebih baik apabila membeli barang yang gambarnya diambil secara langsung melalui kamera secara langsung oleh penjualnya.

Komparasi harga dan biaya pembelian. Bandingkan harga barang yang dijual secara online dengan harga pasarannya di toko. Dan juga hitung perbandingan biaya transport yang harus anda keluarkan jika anda membeli secara langsung di toko dengan ongkos kirim bila anda membeli di toko online. Jika setelah dijumlahkan ternyata lebih mahal dari membeli secara langsung, akan lebih baik jika anda membelinya secara langsung di toko. Anda juga bisa langsung merasakan dan melihat secara langsung barang yang ingin anda beli bukan?

Lihat testimonial pembeli. Perhatikan testimonial dari customer toko online tersebut terlebih dahulu. Apabila presentase testimonial negatif lebih banyak daripada testimonial yang positif, maka lebih baik anda mencari toko online yang lain.

Cara membayar. Kebanyakan toko online sering tidak memperhatikan bagaimana memberikan kemudahan dalam membayar kepada customer. Di Indonesia, kebanyakan orang memiliki rekening tabungan Bank BCA dan Mandiri. Jadi sebisa mungkin anda mencari toko online yang memilih kedua bank tersebut sebagai sarana pembayaran agar anda lebih mudah dalam membayar barang yang anda beli.

Cara menanggapi customer. Tentu saja slogan pembeli adalah raja harus diusung para penjual online dengan baik. Bagi anda para customer toko online tentu saja mengutamakan komunikasi via sms, bbm, atau media chat yang baik. Dengan penyampaian bahasa yang baik dan membuat nyaman customer tentu saja sudah menggambarkan bagaimana image toko online tersebut. Kita tidak mau bukan berhadapan dengan penjual yang jutek dan lambat dalam menanggapi respon dari customer.

Kejelasan informasi mengenai toko online. Belakangan sudah banyak penipuan via internet berkedok toko online. Untuk lebih memberi rasa aman dalam berbelanja online, ada baiknya jika anda browsing terlebih dahulu mengenai toko online yang anda incar untuk membeli barangnya sebelum berbelanja dan melakukan transaksi.

Efisiensi dan efektifitas waktu dan biaya. Hal ini berlaku untuk anda yang berada di luar pulau Jawa. Ongkos kirim ke luar pulau Jawa terkadang lebih mahal dari harga barangnya itu sendiri. Akan lebih baik jika anda mengajak teman-teman anda untuk ikut berbelanja juga dan patungan untuk ongkos kirimnya agar jatuhnya lebih murah ketimbang anda harus menanggung sendiri ongkos kirim yang mahal.

Referensi dari kerabat. Cara ini adalah cara yang paling jitu untuk berbelanja online. Karena kita bisa mendengar dan melihat langsung kualitas barang yang sudah dibeli dari kerabat kita. Dengan demikian keraguan kita untuk berbelanja online akan hilang.

Demikian tips singkat dari saya. Selamat berbelanja.

 
 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: