RSS

Kertas Hanji dan Kegunaanya di korea

12 Oct

Belakangan ini mata saya tak ingin lepas rasanya untuk mengenal kebudayaan Korea lebih jauh lagi. Seperti “Han” yang memiliki peran penting akan kebudayaan Korea. Han yang akan saya bahas kali ini ialah “Hanji”, sebagian dari anda mungkin sudah tahu tantang hanji. Hanji merupakan kertas tradisional Korea yang memiliki banyak kegunaan. Berdasarkan historis orang Korea kertas hanji di samping penggunaannya dalam buku dan notebook, juga digunakan untuk menutupi jendela dan pintu untuk menjaga kamar hangat dan melindungi mereka dari angin.

Hanji memang biasanya dipakai untuk rumah-rumah di Korea, wajar saja biasanya rumah orang Korea mampu menggunakan hanji sebagai pintu dan jendela layar kertas karena tahan lama dan dapat bertahan lebih dari 1.000 tahun berkat proses unik yang dibuat.

Untuk interior rumah hanji sangat bermanfaat untuk mengatur suhu kelembapan pada rumah.  Bukan hanya untuk dekorasi saja, hanji juga digunkan dalam pembuatan baju. Baju yang terbuat dari kertas hanji ini menjadi bukti kebudayaan Korea yang dipublikasikan ke dunia. Tak heran empat publikasi hasil hanji Korea telah ditunjuk oleh UNESCO sebagai Memory of World Heritage karena banyak buku yang terbuat dari hanji ada bahkan sampai hari ini. Menarik bukan?.

Hasil kerajinan tangan dari hanji banyak macamnya, seperti boneka, bingkai foto,cermin, aksesoris wanita dan banyak lagi kerajinan tangan yang bisa dibuat. Berikut hasil kerajinan Hanji yang bisa kita lihat dari tangan-tangan kreatif orang Korea.

 

 

Berbagai program kelas untuk member pengalaman belajar kreatifitas melalui hanji juga diadakan di Korea. melalui program kelas belajar hanji Anda akan belajar lebih banyak tentang Korea. Ms Kaori Yano, seorang konsultan Jepang untuk VisitKorea, mengunjungi lokakarya kerajinan dan museum di Insa-dong dan Gahoe-dong untuk beberapa pengalaman budaya tradisional hands-on. Daripada hanya membeli souvenir, bagaimana membuat hadiah sendiri untuk keluarga dan teman-teman?. Hanya butuh waktu  Setengah hari untuk melibatkan diri dalam pengalaman budaya tradisional. Untuk lebih mengenah kebudayaan Han lebih jauh lagi anda bisa baca selengkapnya di Fanpage Korea Tourism Organization Indonesia di Link berikut: http://www.facebook.com/notes/korea-tourism-organization-indonesia/mengenal-hanstyle-korea/478216955532521

 
Leave a comment

Posted by on October 12, 2012 in DESAIN

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: