RSS

Mengenal Interior dan Eksterior Hanok

28 Aug

Beda negara beda budaya, beda juga rumah tradisionalnya. Kalo rumah tradisional Korea selatan kita mengenal Hanok. Hanok merupakan rumah tradisional Korea selatan dengan interior dan eskterior saling berkaitan dengan konsep bangunan rumah yang dibuatnya. Beasanimsu memiliki arti secara harifah merupakan konsep rumah ideal dengan gunung di bagian belakang dan sungai di depan, serta memiliki ondol atau gudeul, sebuah sistem penghangat ruangan bawah lantai.

Desain hanok berbeda pada masing-masing  daerah, untuk daerah yang terletak di daerah utara yang lebih dingin, rumah dibangun berbentuk segi empat tertutup agar lebih baik dalam menyimpan panas. Sementara di daerah tengah, rumah berbentuk “L” sedangkan di selatan, rumah berbentuk “I”.

Hanok dibangun menghadap ketimur ataupun keselatan, hal ini bertujuan untuk memperoleh pencahayaan matahari yang cukup. Pada umumnya  rumah hanok dibangun dari bahan-bahan alam seperti kayu, tanah,  batu, jerami, genting dan kertas.  Tiang dan juga kerangka hanok terbuat dari kayu seedangkan temboknya dibangun dengan bata yang di buat dari campuran tanah dan rumput. Kertas tradisional Korea/Hanj dipasang dirangka jendela konstruksi hanok, lantainya terbuat dari tanah yang dikeraskan atau juga bisa menggunakan batu. Sebutan untuk Pingiran atap hanok yang melengkung keatas dinamakan Cheoma.

Hanok di bedakan menjadi dua yang pertama Giwajib  (rumah beratap genting) dan  yang kedua adalah Chogajip (rumah beratap jerami) yang dihuni oleh petani.  Bedanya Giwajib dibangun dengan menggunakan genting giwa sehingga biayanya cukup mahal Sedangkan Chogajip dibuat dari jerami sehingga biayanya cukup terjangkau. Hanok yang beratap genting hingga kini masih dipakai sebagai tempat tinggal warga Korea, namun untuk hanok jerami terbilang langka untuk saat ini.

Meskipun telah banyak mengalami perubahan akan tetapi gaya tradisional Korea masih dipertahankan melalui bangunan hanok tersebut. Sebagai pelengkap isi rumah terdapat beberapa Furnitur lama, kertas-disisipkan jendela, dan alat peraga seperti guci kedelai menambah suasana tradisional yang semakin kental. Kebanyakan rumah tinggal Hanok memiliki barang elektronik, termasuk satu set TV, dan gaya Barat toilet, tetapi beberapa masih memiliki toilet tradisional. Rumah Hanok tetap bervariasi dalam ukuran, beberapa terlihat besar untuk ruang tamu dan sebuah bangunan utama, sementara yang lain kecil dengan kamar tidur saja dan ruang tamu. Berikut ini video yang berjudul “Today’s Blog Hanok” yang saya ambil dari Fanpage Korea Tourism Organization Indonesia. Silahkan kunjungi fanpage Korea Tourism organization Indonesia disini

Video : “Today’s Blog Hanok”

Sumber gambar dan video :

http://www.facebook.com/Koreatourismorganizationindonesiaoffice/

www.visitkore.or.kr

http://www.zeroundicipiu.it/

http://blog.korea.net/

 
1 Comment

Posted by on August 28, 2012 in INTERIOR/DESIGN

 

Tags: , , , , , , , ,

One response to “Mengenal Interior dan Eksterior Hanok

  1. pariwisata korea

    September 9, 2012 at 2:14 pm

    thank you for ur comment..
    this is also a cool blog..nice job..:)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: