RSS

Tips Sebelum Membeli Komputer Tablet

30 Jan

( Gambar : http://rishadt.wordpress.com/)

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, saat ini komputer tablet pun cukup digandrungi oleh para pencinta gadget. Kegunaannya yang  multifungsi serta designnya yang mudah dibawa kemana-mana membuat banyak kalangan berkeinginan untuk memilikinya.

Selain itu kemudahan lain memiliki komputer tablet ialah mampu newarkan fasilitas browsing , email serta design layar yang lebih besar dibandingkan  ponsel atau smart phone. Namun banyak juga mereka yang salah kaprah dalam membeli  komputer tablet. Ada baiknya sebelum membelinya anda memperhatikan beberapa tips dibawah ini :

Sistem Operasi & Aplikasinya

Komputer tablet biasanya sudah menggunakan sistem operasi Android dan Apple iOS khusus pengguna iPad. Untuk iPad sendiri menawarkan App store yang cukup besar, sedangkan kekuranggannya dalam support Adobe Flash sehingga pengalaman berselancar di dunia maya lumayan terbatas.

Layar

Sebelum membelinya anda pun perlu memperhatikan layar tablet, karna layar merupakan salah satu faktor yang cukup penting sebelum anda membeli komputer tablet. Memilih layar tablet  bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Jika anda ingin mudah dalam menyentuh layar, anda bisa memilih layar yang cukup besar, sedangkan bila anda menginginkan kemudahan untuk dibawa kemana-mana ada baiknya anda juga bisa menggunakan tablet ukuran kecil. Intinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas anda sehari-hari.

Perlu juga anda mempetimbangkan resolusi layar. Semakin tinggi pixel maka semakin tajam juga gambar yang akan diahasilkan. Pertimbangkan juga kualitas gambar, warna , kontras dan tingkat kecerahan.

Memory

Bagi anda yang memang memanfaatkan komputer tablet ini sebagai sarana hiburan mungkin anda memerlukan kapasitas memori yang cukup besar. Seperti contohnya untuk game, musik, video, film serta aplikasi lainnya. Keseringan tablet sudah menggunakan memori berbais RAM. Anda pun bisa menambah memori dengan kapasitas besar tergantung dengan kapasitas memory mampu atau tidaknya menampung  memori dalam  kapasitas yang besar. Biasanya tablet yang memiliki kapasitas memory kecil menyediakan slot SD atau microSD yang memungkinkan Anda bebas meng-upgrade kapasitas penyimpanan data sesuai keinginan.

Input dan Output

Sebelum membeli tablet andapun harus mempertimbangkan input dan output sebelumnya, apakah tablet yang anda gunakan sebagai pengganti Laptop/Desktop, jika iya maka perlu memilih tablet yang dilengkapi tambahan port seperti HDMI untuk memudahkan Anda melihat video atau foto dari tablet ke TV.

kebanyakan komputer tablet hanya memiliki 3,5mm headphone jack dan slot USB. Bahkan untuk iPad tidak memiliki slot USB sehingga gadget yang bisa terhubung ke iPad

Koneksi

Sepertinya hampir semua tablet dilengkapi dengan Wi-Fi, namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semuanya memiliki kecepatan yang sama. Beberapa tipe tablet support 802,1b/g sudah cukup ideal untuk menggunakan atau mengirim email, jejaring sosial ataupun untuk browsing. Namun jika anda mneginginkan media streaming sebaiknya bisa memilih  tablet dengan 802,11 n.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat untuk anda yang saat ini tengah berniat membeli komputer tablet. Jangan sampai keliru dan menyesal setelah membelinya:)

 
1 Comment

Posted by on January 30, 2012 in IT, TREND OF ELECTRONICS

 

Tags: , , , , , , ,

One response to “Tips Sebelum Membeli Komputer Tablet

  1. Irfan Handi

    January 31, 2012 at 2:06 am

    Terimakasih infonya Mas.
    Sukses selalu untuk Anda.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: