RSS

Membangun Nuansa Natal Ramah Lingkungan

06 Dec

Bulan Desember ini merupakan bulan yang penuh hikmah terutama untuk umat kristiani, betapa tidak  beberapa minggu kedepan kita akan memperingati  Natal. Natal sangat identik degan Pohon Hias Natal, Kado, kue bahkan beberapa aksesoris lainnya yang saling melengkapi dan menambah suasana natal semakin lengkap.

Tidak jarang diatara kita yang hanya sekedar menciptakan nuansa natal yang indah saja namun juga harus memperhatikan lingkungan yang  bersahabat, yuk kita membangun nuansa natal yang ramah lingkungan dengan cara seperti ini:

Nuansa Ramah Lingkungan

Ternyata tidak selamanya harus dengan nuansa hijau saja yang bisa dijadikan pedoman dalam memilih dekorasi natal kali ini. Kalian juga bisa menunjukan kepedulian terhadap lingkungan dengan menggunakan dekorasi eco-friendly . Berikut ini adalah ide yang bisa dilakukan dalam perayaan natal namun tetap ramah lingkungan:

  • Coba ganti lampu bohlam anda dengan lampu LED yang lebih hemat .
  • Gunakan dekorasi menggunakan bahan alami dan biodegradable. Daripada mengunakan bunga dan juga dedaunan plastik alangkah bailknya jika kita mencoba cara baru dengan menggunakan tumbuhan alami. Selain segar tumbuhan tersebut juga mudah terurai dengan alam.
  • Terakhir, jangan lupakan daur ulang . Kalian bisa mengunakan kartu natal yag akan kalian terima tahun lalu seagai gantungan pintu , dengan menggunakan kawat yang digunakan secara melingkar dan menggunakan beberapa tambahan seperti paperclip . Kalian juga bisa menjepit  kartu natal disekeliling kawat hingga membentuk lingkaran.

Membangun Natal Tropikal

Natal memang sangat identik dengan nuansa merah dan hijau. Namun untuk dekorasi tepat dan lebih terkesan hidup, kalian juga bisa menambahkan dengan warna-warna lainnya untuk menambah kemeriahan natal. Kehangatan  Indonesia yang terkenal  dengan  negara tropis sangat tepat jika dipadukan dengan nuansa Orange, Kuning, dan warna-warna tanah. Nada juga bisa menambahkan dengan menggunakan warna biru untuk mengambarkan cerahnya  warna laut dan juga langit.

Pilih Aroma Alami

Penampilan ruangan yang cantik seolah menjadi satu keharusan disuasana natal, belum lagi dengan ditambahnya aroma yang memanjakan anda. Sebagai alternatif dari pengharuman ruangan biasa, kalian juga bisa menggunakan potpurri sederhana yang terbuat dari kayu manis, caranya:

Ikat 5 batang kayumanis dengan pita, pilihan lainnya kalian juga bisa menggunakan pomander ball. Mungkin sedkit asing dengan kata Pomender ball ini, nah sebenarnya pomander ball ini merupakan salah satu tradisi klasik  Amerika yang dibuat dengan cara menusukan cengkeh ke buah jeruk mandarin. Dari bentuk ini lalu letakan pomander ball ini kdalam sebuah wadah khusus. Kalian juga bisa menempatkannya di kabinet toilet, atau diatasa tangki air kloset. Selain kayu manis dan jeruk memapu memberikan keharuman, namun sisi lain yang bisa didapat ialah mampu menarik perhatian.

Kilau Kristal

Untuk Acara jamuan pasti kalian tidalk melewatkan wadah yang terbuat dari kristal. Sebelum digunakan alangkah baiknya jika anda bersihkan  peranti kristal tersebut dengan beberapa cara seperti dibawah ini:

  • Cuci dalam rendaman air sabun, gosok denga meggunakan busa agar kristal tidak tergores, setelah itu bilas kristal dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk dalam toples yang kusam, alangah baiknya diberi larutan air, garam dan cuka  lkemudian bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Hal yang tidak boleh dilupakan setelah mencuci kristal alangkah baiknya jika anda jangan lupa untuk selalu keringkan langsung peranti kristal dengan mengunakan kain lembut.

Siap membangun  nuansa natal yang ramah lingkungan? Beberapa tips diatas semoga menginspirasi anda untuk membangun nuansa natal yang tamah lingkungan. Semoga bermanfaat.

Sumber Gambar:

http://www.solusiproperti.com

http://www.myweddecorations.blogspot.com

updateanda.blogspot.com

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: