RSS

Mahasiswa ITS Bikin Game Edukasi

12 Oct

Untuk melihat sejauh manakah kreativitas anak indonesia baru-baru ini IT FEST 2011 mengadakan yang namanya penegmbangan games edukasi yang diberi nama situsnya gameedukasi.com dari ITS ( Institut Teknologi Surabaya).

Mahasiswa disini juga bukan hanya belajar bagaimana bermain game, namun  mereka juga membuat game edukasi. Seperti contohnya games membatik, disini para mahasiswa membuat game tersebut untuk menumbuhkan minat para generasi penerus untuk gemar membatik. Salah satu edukasi tersebut juga ditanggapi respon positif oleh beberapa penyelenggara dan masyarakat.

Game edukasi ini juga menampilkan simulasi bagaimana cara membatik, mulai dari tahap kain polos sampai dengan kain batik yang sudah terisi dengan warna. Saya sangat setuju sekali dengan adanya games tersebut, karena sebagai genersi penerus secara langsung maupun tidak langsung  kita bisa melestrasikan kebudayaan Indonesia, melalu pendekatan yang menyenangkan yakni bermain game.

Game ini juga dimotori langsung oleh dosen pembimbing mereka, dan terlebih lagi game edukasi ini juga merilis yang namanya permainan lainnya seperti First Person Shoter (FPS) Pelagan Ambarawa (Palawa). Untuk Game Palawa ini tidak hanya menampilkan game dengan aksi tembak menembak tetapi juga tetap menonjolkan sisi kepahlawanan dari arek-arek suroboyo.

Hebatnya lagi mahasiswa Institut Teknologi Surabaya ini juga menciptakan game Kartini. Wah memang benar-benar anak-anak ITS tetap menjujujung tinggi jiwa pahlawan dan patriotisme bangsa. Game ini berkategori Role Playing Game atau yang sering disingkat (RPG). Game ini berfokus pada perjalanan RA Kartini  dengan misi-misi yang harus diselesaikan, seperti tantangan terhadap lawan dan juga godaan yang harus dikalahkan.

Game edukasi berkategori (RPG ) ini pun ternyata kita boleh berabangga, yang menciptakannya bukan dari kalangan wanita, namun dikembangkan dari  empat mahasiswa laki-laki. Untuk membeli game ini juga terbiang murah haranya dibandrol sekitar Rp. 35 ribu- Rp.50 ribu.

Bagaimana? Menyenangkan kan bisa bermain game sambil belajar. Nah bagi kalian yang tidak mau kalah hebatnya dengan mahasiswa ITS kita juga bisa meenciptakan game edukasi yang lebih dari pada ini. Agar menanamkan kepada masyarakat bahwa dari game kita juga bisa mengenal dan melestarikan  kebudayaan kita.

Sumber gambar : http://manshurin.com/, http://palembang.tribunnews.com

 
7 Comments

Posted by on October 12, 2011 in IT

 

Tags: , , , , , , , , ,

7 responses to “Mahasiswa ITS Bikin Game Edukasi

  1. Taman Bacaan

    October 12, 2011 at 10:35 am

    Inilah produk anak negeri yang wajib jadi panutan.
    salam,

     
  2. Asaz

    October 12, 2011 at 11:39 am

    bagus ya kreatif betul betul mendidik

     
  3. health benefits

    October 12, 2011 at 12:13 pm

    saya tunggu ada yg buat situs education spt wikipedia🙂

     
    • DESIGNING MY LIFE

      October 13, 2011 at 6:31 am

      HEHEHHE….betul..betul semoga saja nanti ada yang mau buat

       
  4. adien

    April 7, 2012 at 9:09 am

    gun tolong ajarin cara buatnya dong

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: