RSS

Mengenal komputer awan

07 Oct

Saya dan juga kalian semua pernah mendengarkan istilah “ Could Computing” atau komputer awan?. Menurut saya ini tema yang menarik setelah saya mendapat sebuah ilmu baru yang didapat dari  seminar cisco tempo hari lalu.

Bagi orang awam, mungkin terdengar dan mereka empat memabayangkan bahwa komputer awan ialah dimana kita menggunakan awan sebagai proses komputerisasi, namun kenyataannya Could komputing atau Komputer awan ini adalah istilah yang sering kita sebut untuk proses virtual komputer.

Nah pengertiannya komputer awan yang saya kutip dari wikepedia adalah:  “

Cloud Computing merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikan, Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”)  tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya.

Jika kita analogikan seperti kita membuat kerja kelompok lalu hasilnya dijadikan satu dalam bentuk laporan, intinya prosesnya tersebar namun menghasilkan satu output saja. Distribusi computer adalah dimana satu contoh parallel processing (pemrosesan paralel).

Sering tanpa sadar kalau kita juga menggunakan could computing  dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan internet dengan server yang tidak kita ketahui. Awan disini adalah metafora dari internet, dan sebagaimana juga kita sering melihat awan sebagai diagram jaringan komputer.

Keuntungan yang bisa kita dapat juga lumayan banyak, diantaranya untuk penghematan sekitar 50 % dari konsumsi listrik.  Adapun manfaat lain dari Could Computing ini yakni:

  • Kita bisa menyimpan data yang lebih banyak, berbeda dengan private komputer lainnya.
  • Penggunaannya  pun dirasakan sangat hemat biaya dan juga lebih efesien
  • Developer pun tidak perlu khawatir terhadap software agar tetap update secara trus menerus
  • Selain itu kita juga tidak perlu menghawatirkan dan cemas terhadap server yang harus di update.

Disamping kelebihan could computing  inipun memiliki sisi kekurangannya yakni, dilihat dari  segi transparasi kita juga belum bisa memprediksi apakah komputer awan ini cukup aman dalam menyimpan data yang ada. Keuntungan dari teknologi in juga tidak dapat diukur secara tepat.

Untuk Could computing dalam dunia maya ini kita bisa ambil contoh saja dari pengunaan e-mail Mungkin cukup banyak di antara kita yang berkenalan dengan surat elektronik lewat layanan gratis seperti Hotmail dan Yahoo Mail. Layanan e-mail gratis ini umumnya menggunakan antarmuka berbasis web. Bagi orang-orang seperti ini e-mail agak sulit dipisahkan dari web. Serta kita juga bisa mengambil contoh dari browser lainnya seperti IRC (internet Relay Chat).

Gambar:

http://www.tabloidpcplus.com/

http://www.navinot.com/

 
Leave a comment

Posted by on October 7, 2011 in IT

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: