RSS

Modus Penipuan SMS Kian Marak

05 Oct

Modus penipuan SMS saat ini nampaknya kian marak saja, betapa tidak perkembangan teknologi dan upaya yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab ini cukup menggelikan bagi saya dengan modus penipuan yang  sedikit heroik seperti contoh sms “ Tolong mamah sekarang lagi di kantor polisi, tolong isikan pulsa segera”. Namun tidak sedikit juga orang yang tertipu dengan SMS tipuan ini.

Saya bahkan anda pasti sebelumnya pernah mendapatkan SMS ini. Kasus penipuan melalui pesan singkat atau yang sering disebut short messege service ini, terbilang cukup membius perhatian masyarakat. Nah untuk yang sekarang-sekarang ini sedikit berbeda yakni dengan modus “minta transfer”.

“Tolong uangnya di transfer sekarang aja ke bank BCA: 321** A/n Friska dan SMS replay saja jika sudah di transfe, trimakasih”.

Meskipun sebagian besar penerima SMS minta transfer ini segera menghapusnya, namun ada juga yang segera mentransfer uanganya. Bukan hanya itu saja, pada kasus berikutnya ada lagi yang namanya penipuan dengan modus “ sedot Pulsa”.

Penipuan sedot pulsa ini dengan modus menang hadiah, kemudian si penerima SMS  mengecek dan memasukan kode tertentu untuk mengklaim bonus dan hadiahnya, namun ternyata mereka malah sering menerima SMS  dan akhirnya pulsa terpotong terus menerus.

Nah ada lagi kasus berikutnya yang saya kutip langsung dari kompas.com setelah membacanya tadi :

“Sayang sekali km tdk akan dpt ksmptn utk raih hadiah uang tunai nya dari program TOP. Terima kasih atas partisipasinya. Untuk info, tlp ke 021-8299194“. Ke nomor 9133: “Anda diberhentikan pada keseluruhan layanan berlangganan kode akses: 9133. Info lebih lanjut hub 021-7989808“. Ke nomor 9122:  “Anda diberhentikn pada keseluruhan layanan berlangganan kode akses: 9122. Info lebih lanjut hub 021-7989808”

Kasus  penipuan SMS ini pasti memuat kita risih dan mengganngu sekali, Saran saya jika anda tidak ingin terjebak dengnan penipuan tersebut, baiknya segera menghapus SMS yang anda terima dari nomor-nomor yang tidak dikenal ataupun SMS tersebut berupa penawaran yang cukup menggiurkan baiknya diabaikan saja.

Gambar : http://www.bigwisu.com/, http://padang-today.com/

 
Leave a comment

Posted by on October 5, 2011 in IT, TREND OF ELECTRONICS

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: