RSS

Tips Menata Dapur Aman

04 Oct

Untuk menata dapur menurut saya memang terbilang susah-susah gampang, nah khusus di dapur sendiri kita harus melakukan penataan yang ekstra. Bukan tidak jarang di dapur rawan sekali kecelakaan yang terjadi, karena pada intinya di dapur memiliki berbagai macam alat dan juga material berbahaya yang tersimpan. Seperti contohnya, listrik, gas, pisau, pembersih yang bersifat racun dan sebagainya.

Bagaimana untuk menatanya agar bukan hanya nyaman saja yang bakal kita dapat namun juga keamanan untuk seluruh anggota keluarga nantinya. Elemen warna dan juga material dirasakan sangat penting dalam menyusun dapur, namun elemen keselamatan dirasakan jauh lebih penting dari pada itu. Berikut ini ada tips singkat menata dapur yang aman:

1

Seperti yang kita ketahui, di dapur memiliki 3 area yang sangat menunjang untuk memasak yakni, kompor untuk memasak, wastafel untuk mencuci peranti dapur, dan lemari es sebagai media penyimpanan makanan. Perlu diketahui kita harus menghindari meletakan perabot yang menghalangi ke tiga area tersebut. Baiknya anda memberi jarak  yang jangan terlalu berdekatan dengan area tersebut, lalu pastikan juga hindari perbedaan ketinggian lantai dapur agar  dan baiknya gunakan material penutup lantai yang tidak terlalu licin

2

Pastikan dapur anda memilikialiran udara , karena ini sangat penting. Pergantian udara ini sebaiknya 30 kali setiap jam. Oleh karena itu kita sebaiknya memiliki 3 zona. Zona diatas menghilangkan hawa paling panas yang berkumpul tepat dibawah plafond dapur, adapun zon tegah untuk penguapan panas dalam tubuh, serta zona bawah untuk mempercepa keluarnya zat dari dalam dapur.

3

Untuk kompor, meja dan wastefel sebaiknya tidak terlal jauh, ini berfungsi untuk meminimalkan membawa makanan yang masih panas dan juga berfungsi untuk mencegah luka bakar yang terjadi ketika kita tengah memasak.

4

Posisikan semua outlate listrik dekat dengan permukaan meja dan juga dengan ketingian 30 cm . Hal ini berfungsi agar mudah dicapai semua peralatan listrik, serta terhindar dari tumpahan air d dalam meja.

Keempat tips diatas ini merupakan cara mudah untuk merancang dapur yang aman untuk seluruh anggoa keluarga. Jika anda ingin merancang dapur dengan menggunakan design yang  bagus, baikya anda fikirkan dulu penataan keamanan yang tepat di dalam dapur tersebut. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat untuk anda dan mampu menginspiasi anda semua.

gambar: http://goorme.com/

 
4 Comments

Posted by on October 4, 2011 in INTERIOR/DESIGN

 

Tags: , , , , ,

4 responses to “Tips Menata Dapur Aman

  1. Gustavie

    October 4, 2011 at 7:49 am

    nice artikel ^^
    kalo sempat mampir ke blog saya yah ,, hehe

    http://gustav-econimics.blogspot.com/2011/10/diet-dapat-mengurangi-resiko-kanker.html

     
  2. Andy454

    October 4, 2011 at 8:09 am

    Mantap infonya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: