RSS

Ayo Ketahuan,Mereka Cari Apa di Yahoo Selama Ramadhan !

25 Aug

Hal  yang dilakukan orang lain selama bulan puasa yaitu beribadah secara penuh, namun merekapun menyelingi dengan mencari tahu informasi apa saja yang di dapat di dunia maya khususnya di Yahoo yang merupakan search engine yang menyediakan segudang informasi seputar ramadhan. Informasi ini saya kutip dari chip.co.id yang memberi informasi 5 pencari terartas di yahoo ketika bulan ramadhan. Mau tahu apa saja yang dicari netter dalam menggunakan mesin pencari ini.

Berita Mudik

Dengan banyaknya masyarakat Indonesia bekerja jauh dari asalnya, mudik merupakan bagian penting dari budaya religious masyarakat Indonesia dimana orang mencari kesempatan untuk bersilaturahmi dengan keluarga tercinta. Pencarian untuk kata kunci “mudik lebaran”, “persiapan mudik”, “mudik gratis 2011” menjadi yang paling terlihat pada pencarian Yahoo! di musim ini. Pencarian untuk “persiapan mudik” menjadi yang tertinggi sebanyak 25,3%.

Makanan

Bagian besar selama Ramadan adalah puasa dan juga yang sama-sama penting adalah berbuka puasa. Masyarakat Indonesia mencari menu makanan, resep masakan/puding dan juga kue tradisional. Peningkatan tertinggi adalah untuk menu buka puasa dan sahur sebanyak 48,6%. Nyatanya, Yahoo! juga telah meluncurkan Ramadan Mubarak melalui situs http://id.custom.yahoo.com/ramadan, sebuah microsite yang didedikasikan untuk menyediakan informasi relevan bagi umat muslim di Indonesia selama bulan suci. Lokasi satu pintu ini menampilkan blog post dari blogger kreatif Dina Ina, resep special dari blogger nutrisi dan kuliner Budi Sutomo termasuk juga peta perjalanan dan jadwal puasa.

Ritual selama Ramadan

Lonjakan tertinggi terlihat pada pencarian seputar masjid tua. Sebagai sebuah langkah untuk menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia, Yahoo! meluncurkan sebuah situs mobile http://m.koprol.com/ramadan yang menjadikan pengguna dapat mencari masjid terdekat menggunakan database lokasi Koprol serta dapat juga mengakses berita terpilih dan artikel hiburan pada ponsel mereka. Pencarian seputar buka puasa seperti jadwal berbuka, jadwal shalat dan manfaat puasa adalah informasi yang juga aktif dicari. Pencarian lain yang menarik adalah tentang “buka puasa bersama” dan kalendar Ramadan.

Pakaian dan Musik

Sisi penuh gaya dari masyarakat Indonesia juga tercermin pada pencarian di Yahoo! dengan kata kunci seperti “jilbab modis” dan “model baju lebaran”  yang menarik banyak perhatian. Lonjakan besar terlihat pula pada tayangan televisi “ovj sahur” sebanyak 96,2%.

Berita

Pencarian tentang pemuka agama terkenal, isu mengenai tayangan adzan di sebuah televisi yang menampilkan iklan serta keluhan THR menjadi hal yang paling diingat masyarakat Indonesia selama Ramadan. Yahoo! Search Trends mengumpulkan jutaan pencarian yang dilakukan setiap hari pada properti-properti Yahoo!  untuk memberikan informasti akan hal-hal yang dipikirkan dan dibicarakan orang. Pencarian mewakili orang dan apa yang menurut mereka paling penting; mulai dari kilasan suasana hati sampai dengan sikap yang ditunjukkan pengguna internet di seluruh dunia. Yahoo! Indonesia mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H” kepada seluruh masyarakat Indonesia.

 
Leave a comment

Posted by on August 25, 2011 in IT

 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: