RSS

Tips sejuk alami di rumah

24 Aug

Mendambakan rumah yang sejuk dan nyaman adalah dambaan setiap orang pastinya, terutama saya. Bagaimana dengan anda? Saya rasa anda juga mengidamkan rumah yang sejuk alami tanpa penyejuk buatan alias AC.

Biaya hidup yang tinggi dan kebutuhan-kebutuhan rumah tangg yang terus melambung membuat kita harus memutar otak untuk mengelola keuangan. Bukan pelit, namun hanya mengantisispasi kebutuhan hidup yang tidak terkontrol nantinya.

Perlu adanya upaya untuk meghasilkan rumah yang sejuk dan nyaman, sebagian orang bisa saja merogoh kocek yang lumayan besar demi terciptanya kesejukan di dalam rumah. Namun bagaimana dengan kita dan kebanyakan  masyarakat indonesia yang kebanyakan golongan menengah kebawah seperti saya.

Jangan khawatir untuk menikmati rumah sejuk bak istana, bukan hanya untuk mereka saja yang memiliki uang banyak, namun kita juga berhak. Bagaimana caranya?, nah untuk hal yang satu ini sayapun kurang begitu faham namun ada beberapa cara untuk menghasilka rumah sejuk alami seperti yang saya kutip dari idea online.co.id di bawah ini :
1. Matahari pagi memang sehat untuk tubuh. Tapi di siang hari, bisa membuat suhu di dalam rumah Anda memanas. Cegah udara panas masuk dan terperangkap di dalam rumah dengan menutup jendela dan pintu rapat-rapat. Jika rumah Anda memiliki beranda, tanam beberapa pohon bambu untuk mencegah udara panas masuk ke dalam rumah. Pada malam harinya, bukalah pintu serta jendela lebar-lebar untuk membiarkan udara dingin masuk. Tutup kembali saat Anda beranjak tidur. Hal ini  akan membat kondisi rumah yang sejuk

2. Warna cerah punya efek memancarkan cahaya, sementara palet gelap menyerap cahaya. Oleh karena itu, gunakanlah tirai warna putih atau terang. Hal ini akan membantu mengurangi suhu panas di dalam rumah.

3. Panasnya suhu ruangan bisa disebabkan oleh benda-benda di dalam rumah Anda. Benda yang memancarkan panas biasanya berasal dari perangkat elektronik. Matikan alat-alat elektronik yang tidak terlalu penting digunakan, terutama pada siang hari. Misalnya lampu atau radio. Cabut charger ponsel setelah dipakai dan tekan tombol ‘off’ pada televisi .

4. Perhatikan pemilihan lampu bohlam. Cahaya lampu yang lebih redup belum tentu memancarkan panas yang lebih sedikit dibandingkan yang terang. Seperti lampu pijar misalnya, berkontribusi membuat suhu ruangan lebih panas daripada lampu neon. Selain hemat energi, lampu neon juga tahan lama meskipun harganya sedikit lebih mahal sedikit.

5. Kelembaban bisa membuat ruangan jadi terasa lebih panas. Jadi pastikan rumah Anda bebas dari lembab. Jangan mencuci pakaian di siang hari; apalagi jika Anda menjemurnya di teras atau balkon atas. Kain basah yang terkena sinar matahari akan membuat ruang sekitar rumah jadi lembab dan terasa lebih panas. Jadi, cucilah pakaian saat pagi hari. Pastikan lantai kamar mandi tidak ada genangan air, dan beri ventilasi yang cukup memadai pada tempat cuci piring, cuci baju dan saluran air, agar tidak lembab untuk ruangan basah.

6. Tumbuhan hijau merupakan elemen yang cukup efektif mengurangi hawa panas di dalam rumah; mengeluarkan oksigen dan menghisap karbondioksida. Hal ini membuat udara di ruangan jadi lebih segar. Jika Anda tidak punya halaman luas untuk menanam pepohonan, tanamlah di dalam pot-pot besar. Tempatkan di beranda, teras belakang dan sudut-sudut ruangan dalam rumah.

 
1 Comment

Posted by on August 24, 2011 in INTERIOR/DESIGN

 

Tags: , , , ,

One response to “Tips sejuk alami di rumah

  1. syaifulrizals

    August 24, 2011 at 9:13 pm

    good tips… go green

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: