RSS

Tips Merawat Flashdisk

01 Aug
FLASHDISK

Flashdisk telah menjadi alat terpenting yang tidak akan pernah bisa terlepas dari setiap orang sekarang. Kecil, mungil, tapi bermuatan besar dan menjadi penyimpan data-data penting yang kita gunakan dalam keseharian kita. Jadi, kita sebagai pengguna harus berhati-hati dalam merawat si kecil mungil nan penting ini. Berikut saya ingin berbagi tips merawat si kecil mungil ini agar bisa tetap awet dan tahan lama digunakan untuk menyimpan data-data penting yang selalu kita akses setiap waktu.

Komponen dalam flashdisk
  • Jangan menyimpan atau meletakkannya di dekat medan magnet karena ini akan membuat penyimpanan data terganggu.
  • Minimalisir flashdisk terbentur atau jatuh agar komponen didalamnya tidak menjadi rusak. Hal ini karena komponen di dalam flashdisk ini sangat sensitive.
  • Jangan meletakkan flashdisk di dekat tempat keluarnya udara panas dari laptop. Hal ini sering kita lakukan tanpa kita sadari. Setelah menggunakan flashdisk, kita langsung membiarkannya tergeletak begitu saja disamping tempat  keluarnya udara panas dari laptop ini. Hal ini juga dapat membuat komponen di dalam flashdisk menjadi rusak karena udara panas tadi.
  • Jangan biarkan terendam air apabila flashdisk anda tidak anti air. Untuk mencegah hal ini mungkin anda dapat memeriksa saku celana terlebih dahulu sebelum dicuci karena kita seringkali lupa kalau sedang menyimpan flashdisk di saku celana.
  • Perbiasakan “eject” flashdisk untuk mematikan kerja flashdisk sebelum kita cabut dari komputer atau laptop.
  • Usahakan agar anda tidak terlalu sering memformat flashdisk karena hal ini dapat merusak dan mengurangi jumlah batasan hapus tulis.
  • Selalu tutup flashdisk anda menggunakan penutupnya agar konektornya tidak terkotori oleh debu.
  • Scan flashdisk dengan antivirus setiap kali akan digunakan di komputer atau laptop kita. Hal ini untuk mencegah komputer kita terkena virus dan juga menjaga kinerja dari flashdisk kita sendiri karena dengan membiarkan virus bersarang dalam flashdisk kita maka akan membuat flashdisk kita cepat rusak.

Demikian tips dari saya. Semoga bermanfaat!!!

sumber gambar : google
 
1 Comment

Posted by on August 1, 2011 in IT

 

Tags: , , , , , , ,

One response to “Tips Merawat Flashdisk

  1. Laptop Murah

    September 22, 2011 at 11:42 am

    Thanks gan, boleh nambahi? Gunakan OS linux…hehe coz kalo pake windows (apalagi yang bajakan) kemungkinan kena virusnya lebih besar dan hal itu tentunya kurang bagus untuk keberlanjutan penggunaan flashdisk.. thanks😀

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: