RSS

Berbisnis Online Via BBM

25 Jul

Blackberry Messenger

Belakangan ini semakin banyak pengguna Blackberry di Indonesia dan jika dilihat penggunaannya maka sebagian besar dari pengguna Blackberry tadi menggunakan Blackberry hanya sebagai sarana bersosialitas semata. Hal ini adalah realita karena setiap kali saya kemana-mana, setiap pengguna Blackberry yang saya lihat pasti sedang BBM-an, Facebook-an, atau bahkan Twitteran. Sebenarnya fitur-fitur dari Blackberry tersebut bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan anda daripada sekedar berchit-chat ria saja dengan berusaha menjual barang via online khususnya melalu fitur Blackberry Messenger. Ada beberapa tips yang ingin saya bagikan pada anda.

Blackberry Messenger

  • Buat group sendiri di Blackberry Messenger anda, dengan nama yang anda pilih untuk group BBM anda.
  • Kemudian masukkan orang-orang dari daftar kontak BBM anda. Saran saya adalah masukkan orang-orang yang kira-kira berpotensi untuk menjadi kustomer dari barang yang anda jual.
  • Masukkan gambar barang dagangan anda ke dalam group BBM yang telah anda buat tadi. Akan lebih bijak apabila anda memasukkan gambar tidak terlalu banyak. Mungkin anda bisa memasukkan satu atau dua gambar untuk mewakili tiap kategori barang dagangan anda. Apabila ada yang menanyakan tipe atau model yang lain, anda bisa mengirimkan gambar lainnya secara pribadi ke calon pembeli. Memasukkan banyak gambar akan membuat group anda akan memperlambat kerja Blackberry dari pengguna yang sedang mengakses group anda. Hal ini tentunya akan membuat group anda akan di-leave oleh orang-orang yang anda masukkan ke group tadi.
  • Update status barang-barang dagangan via chat activities. Dalam sehari mungkin anda bisa mengupdate status 3x masing-masing dilakukan pagi, siang dan malam hari.
  • Jangan lambat dalam memberikan respon dari orang yang tertarik pada barang dagangan anda. Semisal, ada yang komen di gambar atau ada yang menanyakan soal barang dagangan anda via chat.
  • Kuasai detail dari barang dagangan karena hal ini adalah penting. Pembeli pasti akan semakin yakin apabila anda bisa dengan lancar menjelaskan tentang barang dagangan anda.
  • Melakukan Broadcast Message atau BM adalah hal yang baik untuk mempromosikan dagangan anda, akan tetapi BM yang terlalu sering adalah bukan hal yang baik juga. Mungkin anda bisa melakukan BM ke semua kontak di BBM anda dalam waktu yang berkala semisal 2 hari sekali karena tidak semua orang nyaman dengan BM yang mempromosikan barang dagangan. Perbiasakan juga mengawali BM dengan kata-kata seperti “Maaf numpang BM.” dan lain sebagainya.

BBM Groups

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan via BBM anda.

 
4 Comments

Posted by on July 25, 2011 in LIFESTYLE/ENTERTAINMENT

 

Tags: , , , ,

4 responses to “Berbisnis Online Via BBM

  1. Zacky

    July 25, 2011 at 1:58 pm

    bbm terbatas hanya sesama pengguna bb,berarti marketing ini tdk dapat menjangkau pengguna selain bb http://www.kontraktor.co.id

     
    • DESIGNING MY LIFE

      July 26, 2011 at 2:17 am

      iya mas zacky. memang ini hanya terbatas kepada sesama pengguna bb. akan tetapi saya disini hanya mencoba memberi alternatif penggunaan BBM selain hanya digunakan berchit-chat ria saja..🙂

       
  2. honeylizious

    July 26, 2011 at 9:26 am

    nggak punya BB sih, tapi makasih informasinya… ehehehe

     
  3. dodow

    July 27, 2011 at 12:05 pm

    Emank bbm is the best sih, saya bisa bertukar voice note dg sahabat saya, jadi udah gratis bisa dengar suara lagi, bahkan bila mereka kebetulan diluar negri

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: