RSS

Cegah Malware Merusak Komputer Anda

19 Jul

Malware dapat merusak komputer kita secara perlahan.

Belakangan sering kita dengar keluhan dari para pemain Poker di Facebook seperti kenapa tiba-tiba chipnya habis dan kenapa akun facebooknya tidak bisa dibuka. Dan jawabannya adalah akun Facebook mereka telah dibajak. Kasus seperti ini adalah kasus yang sedang sering terjadi di internet. Bagaimana mereka melakukannya? Malware canggih disebarkan di internet dan menyerang jaringan computer yang notabene renta terhadap serangan virus dan malware. Dengan menyebar malware seperti ini maka penjahat di dunia maya menjadi sangat diuntungkan karena dengan mencuri chip dan coin-coin dari game yang dimainkan di Facebook, mereka dapat meraup keuntungan yang banyak. Bagaimanakah cara kerja malware ini di jaringan internet kita?

Poker di Facebook adalah salah satu aplikasi game di Facebookyang dimanfaatkan para penjahat malware untuk menyebar malware ke komputer.

Sebelumnya mari kenali apa itu malware terlebih dahulu. Malware adalah semacam perangkat lunak yang menyusup untuk merusak system computer. Biasanya malware ini menyebar via website-website yang terbuka pada jendela browser di computer kita. Malware ini bermacam-macam jenis dan namanya. Di Indonesia malware yang terkenal adalah Ramnit, Shortcut, Rogue Antivirus, JS / IFrame, Siggens 8, dan Sality.

Notifikasi dari Windows Security apabila ada Malware masuk ke komputer kita.

Serangan malware ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap yang pertama, pengguna internet dituntun ke website yang isinya adalah program yang berbahaya. Tahap yang kedua, sebagaimana mungkin caranya pengguna diarahkan untuk meng-install file yang berbahaya ke computer pengguna. Ada berbagai macam media yang digunakan yakni, email, instant messaging, situs jejaring sosial, search engine, iklan baris, dan sebagainya. Isinya pun dibuat sedemikian rupa mulai dari gambar hingga kata-katanya agar menarik anda hanya dalam beberapa detik. Berhati-hatilah untuk tidak langsung meng-klik iklan yang bertuliskan cara cepat mendapatkan uang, gambar vulgar, dan sejenisnya.

Cara para penjahat malware untuk menginstall malware di computer kita adalah dengan memancing orang untuk melakukan download untuk kemudian menginstall program yang sepertinya berguna untuk computer kita. Biasanya program-program seperti antivirus dan Flash Player ini diduplicate oleh mereka hingga kita mau menginstall ke computer tanpa rasa curiga. Cara lainnya adalah membuat drive di website yang telah memiliki banyak pengunjung dan membuat driver download otomatis jadi hanya dengan membuka website tersebut, malware sudah langsung masuk ke computer kita.

Update Antivirus anda untuk mencegah malware masuk ke komputer anda.

 Para penjahat malware ini juga menerapkan teknik SEO dengan membuat website jahat mereka muncul di mesin pencari seperti google dan yahoo hanya dengan mengetikkan sebuah kata kunci. Untuk mencegah anda masuk ke website yang salah, aktifkan pemindaian hasil pencarian pada anti virus anda. Dengan demikian anda akan mengetahui mana yang merupakan website jahat dan mana yang bukan karena anti virus anda akan menandai website yang jahat dan website yang aman untuk di buka.

 Pada intinya, internet semakin menjadi tempat yang berbahaya dan menjadi tempat perkembangbiakan malware belakangan ini. Berhati-hatilah ketika sedang browsing di internet, jangan membuka website yang mencurigakan. Selain itu update secara berkala system operasi browser anda dan tentu saja antivirus anda. Berhati-hatilan terhadap iklan yang muncul di halaman website yang sedang anda buka karena bisa jadi itu adalah media penyebar malware. Ada baiknya anda sebelum anda membuka iklan-iklan tersebut, cari tahu dulu informasi tentang iklan yang anda lihat.

Sumber gambar : google
 
1 Comment

Posted by on July 19, 2011 in IT

 

Tags: , , , ,

One response to “Cegah Malware Merusak Komputer Anda

  1. kiki

    May 20, 2012 at 2:27 am

    sungguh kejamnya kau penjahat malware

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: