RSS

Sederhana Dan Mengerti Anda

13 Jul

ATAP PELANA

Pengembangan desain bentuk saat ini sudah berkembang pesat dan sudah berkembang dengan munculnya berbagai jenis bentuk atap. Akan tetapi, orang-orang tetap kembali kepada bentuk atap konvensional yang tidak akan bisa tergantikan yakni atap dengan bentuk pelana. Bentuk atap seperti ini masih tetap digemari dan tak akan pernah lekang oleh waktu.

Desain atap bentuk pelana mempunyai kemiringan 35 derajat. Kemiringan itu yang membuat ruang didalamnya dapat menahan radiasi panas, sedangkan apabila sedang hujan, air hujan akan mengalir dengan lancar mengikuti penutup atap. Dari bentuk yang sederhana ini dapat dikembangkan lagi variasi bentuknya contohnya kemiringan atap dapat dibuat lebih besar atau bagian gunungan yang polos dapat diisi dengan berbagai ornamen yang dapat memperindah bagian atap yang kosong. Hal ini yang juga membuatnya menjadi favorit para desainer rumah karena mereka dapat dengan mudah bereksperimen dengan kreatifitas mereka.

Namun atap dengan bentuk pelana ini mempunyai kekurangan di atap pelananya. Pada bagian gunungan yang terekspos, sangat rawan retak karena bagian gunungan ini yang paling mendapatkan terpaan angin, hujan, dan panas matahari. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan kebocoran. Akan tetapi tentu saja hal ini dapat diatasi dengan meletakkan bagian gunungan dari atap di bagian yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anda juga dapat melapisinya dengan cat eksterior atau weathercoat.

Dibalik kekurangannya itu, atap pelana ini dapat dibuat dengan berbagai macam material seperti genteng tanah liat, genteng berbahan metal, hingga genteng beton ringan. Semua tergantung kepada kreatifitas anda selaku pemilik rumah.

sumber gambar : google
 
Leave a comment

Posted by on July 13, 2011 in INTERIOR/DESIGN

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: