RSS

LG SMART TV, TV PINTAR YANG BISA INTERNETAN

07 Jul

Belakangan sudah muncul beberapa jenis TV yang bisa digunakan sekaligus untuk internetan. Beberapa produsen alat elektronik sudah mengeluarkan TV jenis ini. Dan LG sebagai salah satu produsen alat elektronik yang memiliki konsumen terbanyak di Indonesia pun tidak mau kalah untuk ikut mengeluarkan produk sejenis yang diberi nama LG SMART TV. Kebetulan kantor saya mendapat kesempatan untuk menghadiri workshop tentang LG SMART TV di Pacific Place, Jakarta dan saya yang diutus untuk menghadiri workshop tersebut. Dan hasil workshop tersebut saya akan berbagi dengan anda informasi apapun yang saya dapat mengenai TV pintar ini.

LG SMART TV

LG SMART TV mempunyai beberapa karakter utama yaitu Home Dashboard, Premium Content, LG Apps, Web Browser, Magic Motion Remote Control, Channel Browser, dan Smart Share. Dimana setiap karakter utama ini mempunyai fungsi yang sangat memudahkan kita yang ingin menggunakan LG SMART TV walaupun kita baru pertama kali menggunakan SMART TV ini.

Home Dashboard

Tampilan utama yang terlihat simple dan memudahkan pengguna SMART TV untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang terinstall di SMART TV. Kelebihan home dashboard yang dimiliki LG SMART TV ini adalah home screen-nya lebih besar dari produk TV sejenis dari competitor LG.

LG SMART TV

Premium Content

Terdapat 5 Premium Content di Indonesia yang terinstall di SMART TV yakni, detik.com, kaskus, liputan6.com, loveindonesia.com, TheJakartaPost.com. Dimana kelima aplikasi ini sudah langsung tersedia secara gratis di aplikasi konten lokalnya.

 LG Apps

Aplikasi yang memberi akses langsung ke LG Application Store sehingga pengguna SMART TV dapat dengan mudah mengakses, dan mendownload langsung aplikasi-aplikasi yang tersedia langsung dari LG Application Store langsung ke SMART TV.

LG Application Store ini terbagi dua jenis aplikasi, yakni LG Apps untuk di TV dan LG Apps untuk di PC. Untuk LG Apps yang untuk PC, aplikasi ini digunakan hanya untuk purchase atau membayar aplikasi untuk kemudian ditransfer ke USB untuk di install di TV, menanyakan tentang aplikasi dan penggunaan SMART TV lewat forum, dan memanage Aplikasi.

LG Apps untuk TV akan dilaunching di Indonesia sekitar akhir Juli 2011, sedangkan LG Apps untuk PC baru akan dilaunching sekitar bulan September 2011.

LG APPS

Web Browser

Berinternetan dengan mudah di SMART TV. Terdapat 3 tab yang tersedia yakni URL, Favorite, dan History. Tampilan dari web browser di SMART TV ini sangat familiar dan sangat mirip dengan tampilan Google Chrome. Tentu saja tampilan ini dibuat untuk mempermudah pengguna mengakses aplikasi ini dan browsing internet tanpa mengalami kesulitan berarti dalam menggunakannya. Walaupun dalam web browsernya belum mendukung penggunaan Flash 10.0, tapi anda masih bisa menggunakan Flash seri sebelumnya untuk bisa menonton video dari youtube via web browser ini.

LG SMART TV

Magic Motion Remote Control

Penggunaan yang lebih mudah. Point, Click, and Control. Remote ini memiliki tombol dengan jumlah yang jauh lebih sedikit dari remote control lainnya. Dalam penggunaannya pun kita tidak perlu menggunakan dua tangan, karena dengan fungsinya yang disamakan dengan fungsi mouse di PC, kita hanya tinggal menunjuk ikon yang ada di launch bar dan meng-kliknya saja. Dengan MAGIC MOTION ini kita juga tidak perlu harus menggunakan remote tepat depan TV karena fitur ALLIGNMENT yang tersedia.

Sebelum menggunakan MAGIC MOTION remote control ini, kita harus meregistrasi remote ini terlebih dahulu ke TV. Tidak sulit untuk meregistrasi, hanya dengan cara mengarahkan remote ke TV kemudian menekan tombol enter/OK selama 2-3 detik. Dan kita juga tidak perlu takut apabila kehilangan koneksi karena untuk registrasi ulang cukup dengan menekan tombol enter/OK dan Mute secara bersamaan selama 5 detik. Perhatikan lampu merah yang berkedip-kedip, karena kalau lampu merahnya berkedip, itu berarti anda sudah melakukan registrasi ulang remote dengan benar.

MAGIC MOTION REMOTE

Channel Browser

Aplikasi yang memudahkan untuk menemukan channel-channel TV yang ingin ditonton. Tidak sulit untuk menemukannya karena channel browser ini sudah ada di Home Dashboard.

Smart Share

Aplikasi untuk sharing file dimana ini dapat sharing file dari dari USB (Eksternal Device, USB Memory) dan DLNA support menggunakan smartphone dan koneksi dari PC, Media Link.

Kita bisa melihat memutar video, lagu, dan melihat gambar-gambar yang kita simpan di handphone, eksternal hard disk, memory card, ataupun USB di SMART TV dengan fitur Smar Share ini. Untuk DLNA Support ini, LG SMART TV menggunakan software Nero Media Home 4 sebagai sarana penghubung antara PC/Laptop dengan SMART TV dimana cd installernya akan langsung kita dapatkan saat kita membeli LG SMART TV ini. Perlu diingat, jangan mendownload dari web Nero karena yang akan kita dapatkan versi trial yang hanya dapat digunakan selama 60 hari.

Sedangkan untuk koneksi antara handphone, dimana dalam hal ini hanya handphone tipe smartphone yang dapat digunakan seperti : iPhone 3G, iPhone 4, iPod touch, iPad, smartphone tipe Android (V 2.1 and above), Nokia 5530, 5800, C6, N97, N97 Mini, X6.

Smartphone-smartphone diatas pun dapat digunakan sebagai remote control SMART TV.  Untuk menggunakan iPhone/ iPod/ iPad ataupun smartphone lainnya sebagai remote control, iPhone/ iPod/ iPad ataupun smartphone lainnya harus terhubung dengan accest point yang sama.

Untuk menggunakan iPhone/ iPod/ iPad ataupun smartphone lainnya sebagai remote control, Home Dashboard harus sedang dalam keadaan tidak aktif.

Langkah-langkah agar smartphone kita dapat menggunakan smartphonenya sebagai remote control dan juga membagi file ke SMART TV adalah :

  • Download aplikasi dari LG Application Store via smartphone kita
  • Jalankan/install aplikasi yang sudah didownload ke smartphone kita
  • Koneksikan smartphone kita dengan access point yang sama dengan yang terkoneksi ke SMART TV
  • Masukkan authentication key yang diminta dimana authentication akan muncul di smartphone kita
  • Setelah itu, smartphone kita sudah bisa digunakan sebagai remote control SMART TV dan sharing file audio, video, dan gambar ke SMART TV

Selain itu ada pula fitur yang dinamakan Media Link, dimana dalam Media Link ini menggunakan aplikasi yang bekerja sama dengan LG yaitu PLEX. Cara kerjanya seperti menggunakan Nero Media Home. Dan tentu saja dalam penggunaan keduanya, harus terhubung dengan access point yang sama yang terhubung ke SMART TV.

Selain informasi tentang karakter utama dari LG SMART TV diatas, yang bisa saya bagikan kepada anda adalah, kapasitas memori untuk penginstalan aplikasi di SMART TV yakni sebesar 323 Mb saja. Apabila masih ada aplikasi berupa game dan aplikasi lainnya anda bisa menggunakan USB sebagai tempat penyimpanan aplikasi berlebih lainnya.

Sedangkan untuk bisa menggunakan SMART TV ini kita harus membuat USER ID untuk SMART TV, dimana dalam satu TV tidak dibatasi jumlah pembuatan USER ID yang diinginkan.

Dalam workshop ini juga diinformasikan bahwa akan ada aplikasi yang juga akan dilaunching nantinya yakni aplikasi Search Application. Dimana aplikasi ini akan memudahkan kita untuk mengakses aplikasi yang sudah terinstal tanpa harus mengakses di  launch bar atau My Apps.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan kepada anda mengenai LG SMART TV yang saya dapat workshop yang saya hadiri kemarin. Setelah menghadiri workshop ini, ternyata LG SMART TV begitu banyak menawarkan kemudahan bagi konsumen pengguna SMART TV dengan berbagai aplikasi serta MAGIC MOTION remote control yang begitu mudah untuk digunakan.

 
6 Comments

Posted by on July 7, 2011 in IT, TREND OF ELECTRONICS

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

6 responses to “LG SMART TV, TV PINTAR YANG BISA INTERNETAN

  1. andstm

    October 21, 2011 at 11:35 am

    Mantapppp, syng ane blm bs beli hehe😀

     
  2. ADEK

    November 16, 2011 at 5:50 pm

    LG itu tv inceran gw banget untuk seri LG CInema 3D dan smart TVnya. gw ngincer LW5700nya mantep abis, mantepnya sangat sederhana ini teknologi 3Dnya memakai 3D pasif, yang kalo beli kita ngedapet kacamata secara gratis 9 buah. nah kalo yang lain cuma 2 buah udah gitu yang lain masih menggunakan teknologi 3D aktive.

     
    • DESIGNING MY LIFE

      November 21, 2011 at 3:50 am

      ya,,ya,,,ya itulah kenapa saya suka juga pilih LG ….keren juga ….

       
  3. Wasit

    June 13, 2012 at 12:02 pm

    Wahhh….Muantab banget nih,kapan ya aku bs beli…..Oh ya brp an tu hrg a…..????

     
  4. David

    October 27, 2012 at 7:50 am

    Apakah menggunakan magic motion mr 300 di tv lm 6200, harus menggunakan receiver tambahan

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: