RSS

Tingkatkan Sinergi Tim Kerja Anda

06 Jul

Dalam suatu perusahaan, baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil sekalipun, kekompakan diantara staf dan atasan itu sangatlah penting. Kekompakan itu tergantung pada:

Kekuatan Kepemimpinan

Dalam satu team membutuhkan satu leader atau pemimpin dengan karakter yang kuat dan tentu saja berjiwa pemimpin tentunya. Menjadi pemimpin disini bukan berarti anda harus menjadi dictator. Namun pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tahu dan mengerti kapan dia harus tegas pada bawahannya dan kapan dia harus merangkul para bawahannya.

Visi dan Misi Bersama

Perlu dibentuk suatu persamaan visi dan misi agar tidak menyulitkan langkah kedepannya. Dengan adanya persamaan visi dan misi ini akan sangat memudahkan komunikasi dalam urusan pekerjaan. Dalam hal ini komunikasi secara terbuka juga penting agar setiap orang dapat menyuarakan, mengungkapkan, dan mengerti konsekuensi apa yang yang akan ia dapatkan jika kinerjanya tidak sesuai dengan visi dan misi bersama tadi.

Aturan Main

Secara bersama-sama menentukan aturan main dalam perusahaan. Sangat baik jika aturan main ini ditentukan bersama karena para bawahan akan merasa bertanggung jawab atas aturan yang dia buat sendiri.

Perencanaan Yang Matang

Menentukan pembagian tugas, wewenang, serta akuntabilitas masing-masing serta menyusun perencanaan yang matang. Berdasarkan perencanaan tersebut, maka para atasan dan bawahan akan bisa saling memonitor dan mengevaluasi kinerja masing-masing individu.

Pengambilan Resiko

Ini berlaku untuk atasan. Sebagai atasan apakah anda siap mendukung resiko yang diambil bawahan anda selama resiko yang dia ambil itu berakibat pencapaian hasil yang besar untuk perusahaan. Pengambilan resiko ini tentu saja bisa berakibat kesalahan, namun kesalahan yang timbul dapat dijadikan pelajaran agar kerjasama tim anda menjadi dinamis dan progresif.

Terlibat 100%

Memastikan seluruh tim terlibat 100% dalam pekerjaan yang sedang dijalani. Termasuk didalamnya konsistensi untukmelakukan hasil evaluasi dan brainstorming berbagai macam kemungkinan strategi baru yang dapat memajukan perusahaan anda.

 
Sumber : marketplus magazine & google
 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: