RSS

Karpet Menciptakan Ruang Keluarga yang Hangat

16 Jun

Banyak penghuni rumah melengkapi lantai ruang keluarganya dengan karpet. Aneka bentuk, warna, dan bahan dapat membuat ruang berkesan hangat.

Secara umum, karpet itu dapat diaplikasikan sesuai dengan ruang dan fungsi ruang. Karpet yang umum digunakan adalah yang berbentuk kotak atau persegi panjang. Bentuk lainnya dapat saja diterapkan, tapi perlu kehati-hatian untuk memadukannya karena seringkali jadi tak sesuai dengan harmonisasi ruang.

Sebagai contoh, karpet berbentuk bulat. Karpet tipe ini digunakan untuk mengikat furnitur di ruang keluarga. Jika ruang berbentuk persegi, maka ruang akan terasa penuh. Karpet berbentuk bulat lebih cocok digunakan sebagai dasar meja yang berada di foyer. Dengan penempatan karpet itu, meja akan terlihat anggun dan memiliki hierarki yang tinggi.

Jika ingin memakai karpet untuk mempercantik ruang, sebaiknya lihat terlebih dahulu pola ruang secara keseluruhan. Ini terkait antara lain dengan keberadaan dinding, kusen, bahan kursi, meja, dan elemen ruang lainnya. Untuk mengaplikasinya, kita harus menggabungkan elemen yang ada itu menjadi suatu komposisi yang pas. Dalam penggabungan itu, sebisa mungkin diupayakan agar salah satu elemen tidak terasa terlalu keras atau terlalu lembut. Jadi, harus dikombinasi menjadi komposisi yang enak dilihat dan seimbang. Jika karpet sudah terlihat “ramai”, sebaiknya, furnitur dan elemen lain dipilih dengan desain yang terlihat lebih tenang.

Soal bentuk, boleh apa saja asalkan dilihat dari proporsi dimensi ruang. Bentuk karpet oval cenderung pas bila ditempatkan di foyer. Jika ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga, meja di atasnya harus lebih kecil dari dimensi karpet. Ini agar karpet tidak tenggelam oleh furnitur di atasnya. Karpet berbentuk persegi panjang lebih ideal karena umumnya akan sesuai dengan pola tataan furnitur, seperti sofa dan coffee table atau end table.

 

 
2 Comments

Posted by on June 16, 2011 in INTERIOR/DESIGN

 

Tags: , , ,

2 responses to “Karpet Menciptakan Ruang Keluarga yang Hangat

  1. Vivi Aldi

    June 23, 2011 at 3:26 am

    BERAPA HARGANYA

     
  2. Andrian Al Rasyid

    May 13, 2012 at 12:22 pm

    pesennya dimana? harganya?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: