RSS
Gallery

Tips Menjaga Kesehatan Rumah

13 Jun

Rumah merupakan cerminan dari pemiliknya. Menjaga kebersihan dan kesehatan rumah merupakan kewajiban kita sebahai pemilik rumah. Berikut adalah lima cara aman dan efektif membuat rumah menjadi sehat.

  1. Udara

Menjaga udara tetap bersih di sekitar rumah sangat perlu. Udara yang kotor dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Perhatikan hal berikut untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah:

–          Debu. Paling tidak kita harus membersihkan seluruh ruangan kita dua minggu sekal. Debu di karpet dan kursi sangat berpengaruh terhadap kesehatan keluarga.

–          Penggantian udara. Pastikan di dalam rumah kita mempunyaio jendela dan ventilasi yang cukup. Jika menggunakan AC, gantilah filter udara secara teratur sebanya 4 kali dalam setahun.

–          Sepatu. Disarankan anda untuk melepas sepatu atau menggunakan sandal bersih di dalam rumah. Karena tanpa sadar sepatu kita akan membawa kotoran,polusi, dan debu.

–          Asap. Diperkirakan sekitar 40% anak-anak terpapar asap rokok di dalam rumah. Jangan biarkan orang yang merokok ada di dalam rumah.

 

  1. Pengendalian Hama

Menggunakan pestisida untuk membunuh kuman dan seranggasecara terus menerus akan beresiko bagi kesehatan pemilik rumah. Sebagai alternative, control perkembangan kuman dan serangga dengan enjaga rumah tetap bersih.

 

  1. Air

Air keran kerap lebih aman daripada meminum air kemasan. Namun, hati-hati juga atas kandungan bahan kimia berbahaya dan zat beracun di dalamnya. Pakailah filter air dan gantilah secara teratur.

 

  1. Memasak
    Teflon dan alat masak antilengket mungkin lebih praktis dan sangat membantu tugas memasak. Tetapi, belum tentu baik bagi kesehatan. Teflon berasal dari bahan kimia polytetrafluoro (PFTE) yang melepas gas beracun apabila dipanaskan.

 

  1. Bahan pembersih
    Pembersih rumah yang beredar di pasaran banyak mengandung bahan kimia berbahaya. Sebaiknya gunakan pembersih yang relatif aman terhadap kesehatan, yang tidak mengandung minyak bumi, bebas fosfat, dan dapat didaur ulang.

Membuat sendiri pembersih rumah bisa jadi pilihan.

  1. Baking Soda: membersihkan karat
  2. Hidrogen Peroksida: menghilangkan noda
  3. Cuka: menghapus timbunan lemak dan menggantikan pemutih
  4. Jus lemon atau cuka: Membersihkan jendela
  5. Borax: memperlambat pertumbuhan jamur dan meningkatkan daya pembersih lainnya.
 
Leave a comment

Posted by on June 13, 2011 in MISCELLANOUS

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: