RSS

Gemericik Water Fountain Menenangkan Hati

13 Jun

gemercik air membuat suasana hati tenang

Tak perlu kecewa tak bisa membuat kolam karena halaman rumah terbatas. Anda tetap bisa menghadirkan gemericik suara air di taman, walau hanya menggunakan sebuah fountain.

Tak ada yang menyangkal, kalau suara gemericik air dapat menciptakan suasana sejuk. Makanya tak heran juga kalau banyak orang berkeinginan membuat kolam di halaman rumahnya, lengkap dengan air mancur untuk mendapatkan suara gemericik air yang menyejukkan itu.

Soal kolam ini, beberapa orang beranggapan membuat kolam hanya bisa dilakukan pada lahan-lahan yang luas. Sehingga, mereka yang memiliki lahan terbatas, urung membuat kolam dan air mancur di halaman rumahnya, plus mendapatkan suara merdu dari gemericik air. Anggapan ini tak selamanya benar. Pada halaman yang sempit pun, kita bisa memperoleh suara merdu dari gemericik air di taman.

Tak perlu membuat kolam yang besar kok, jika lahan tidak memungkinkan. Buat saja sebuah water fountai kecil di sudut lahan. Fountai seperti ini bisa ditempatkan di bawah pohon atau di sudut taman lainnya. Lahan yang dibutuhkan jelas jauh lebih kecil dibandingkan jika harus membuat kolam berikut air terjunnya.

Fountain kecil, seperti foto di atas, bisa jadi inspirasi. Fountai terbuat dari batu berdiameter 50cm, yang berlubang seperti lesung. Lubang di tengah batu ini diisi air. Pada bagian tengahnya ditempatkan air mancur kecil, yang menyembulkan air dengan aliran yang lirih. Air dibuat bersirkulasi dari meluap dari bibir lubang di batu, dan mengalir ke batuan koral di bawahnya.

Air yang terus menerus melimpah keluar, membuat permukaan dinding luar batu berlumut. Sebagian orang mungkin menganggapnya kotor. Tapi tak sedikit orang yang menyukainya. Dalam konsep taman tropis, batu-batu berlumut membuat tampilan taman lebih eksotik dan alami. Meski demikian, bukan berarti fountai tidak perlu dibersihkan sama sekali. Anda tetap harus memperhatikan kebersihannya, paling tidak seminggu sekali. Paling tidak, rawatlah sehingga fountai tidak malah menjadi sarang nyamuk.

 
Leave a comment

Posted by on June 13, 2011 in INTERIOR/DESIGN

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: