RSS
Gallery

Aman Meninggalkan Rumah Tanpa Rasa Takut

06 Jun

Mencegah Rumah Anda Kemalingan


Terkadang rasa tidak aman untuk meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tanpa penghuni untuk berlibur yang membuat kita mengurungkan niat untuk berlibur ataupun pergi kemana-mana. Rasa tidak aman itu bisa karena takut kemalingan atau karena hal-hal lain.

Berikut saya ingin berbagi tips untuk anda agar anda bisa merasa aman dan nyaman meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

  1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan bahwa rumah anda kosong ataupun menunjukkan gelagat kalau anda akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Hal ini tentunya dapat menarik perhatian pencuri, dan perlu diingat bahwa biasanya mereka melakukan pengintaian terlebih dahulu terhadap rumah yang akan menjadi sasaran pencuriannya.
  2. Apabila anda berlangganan koran, maka anda dapat meminta agen koran anda untuk tidak mengirimkan koran dulu selama anda berpergian karena koran yang bertumpuk di teras rumah adalah hal utama yang memberikan sinyal kepada pencuri kalau rumah anda dalam keadaan kosong.
  3. Letakkan sandal/ sepatu anda di depan pintu rumah. Hal ini dapat memberikan sinyal kalau rumah sedang ada penghuninya.
  4. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum anda meninggalkan rumah.
  5. Jangan letakkan barang-barang berharga seperti perhiasan dan uang cash di rumah. Akan lebih aman buat anda apabila saat anda berpergian uang dan perhiasan anda dimasukkan ke kotak deposit di bank.
  6. Matikan semua benda-benda elektronik serta cabut kabel colokannya dan juga cabut selang gas serta kompor untuk mencegah arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran.
  7. Titipkan rumah kita kepada tetangga yang sudah benar-benar kita percaya atau kepada petugas keamanan di lingkungan rumah yang sudah menjadi kepercayaan anda juga.
  8. Pasang alarm untuk mencegah pencuri bisa masuk ke rumah kita atau bila memungkinkan pasang CCTV di titik tersembunyi selama anda berpergian.
  9. Jika anda memiliki kendaraan pribadi yang harus ditinggalkan, ada baiknya anda menitipkan kepada sanak saudara terdekat anda ketimbang meninggalkannya di rumah.
  10. Periksa aliran air dan tutup dengan sempurna hingga tidak menyebabkan banjir dalam rumah ketika anda kembali kerumah nantinya.
  11. Pastikan rumah dalam keadaan bersih ketika anda tinggalkan sehingga anda tidak akan bertambah lelah ketika pulang lagi kerumah karena harus membereskan rumah yang berantakan ketika anda tinggalkan.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat.

 
Sumber Gambar : GOOGLE
 
 

Tags: , , , ,

2 responses to “Aman Meninggalkan Rumah Tanpa Rasa Takut

  1. marta mansur

    June 6, 2011 at 8:24 am

    perlu ditambahkan , kalau bisa pasang automatic switch untuk menghidupkan lampu luar kalau sudah malam, yang otomatis padam pada siang hari…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: