RSS
Gallery

Tips Membeli, Merawat, dan Memelihara Anjing di Rumah Anda

25 May

Sekarang ini sudah banyak orang yang menjadikan anjing sebagai peliharaan utama di rumahnya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk memelihara anjing di rumah anda. Terutama dalam hal kebersihan dan kesehatan. Berikut adalah tips memelihara anjing di rumah anda yang akan saya bagikan kepada anda.

  • Sebelum membeli anjing, perhatikan dahulu jenis anjing yang akan anda beli apakah termasuk tipikal anjing yang agresif atau bersahabat. Apabila ada anak kecil dirumah anda, sebaiknya anda tidak membeli anjing yang bersifat agresif karena dapat membahayakan anak anda. Tanyakan juga makanan apa yang biasanya diberikan oleh penjualnya. Kemudian apabila anda membeli di pet shop, perhatikan juga kesehatan anjing yang dibeli, apakah matanya terlihat kuyu, bulunya rontok atau tidak, kulit di bagian dalam bulunya berjamur atau tidak, kemudian tanyakan juga tentang surat lahir dan vaksin apa saja yang sudah diberikan.

  • Persiapkan kandang dengan ukuran yang seimbang dengan ukuran tubuh anjing yang dibeli. Sangat disarankan membuat sendiri kandangnya dari beton atau semen disamping rumah dengan model seperti rumah kecil untuk tempat dia tidur dan makan apabila anda memelihara anjing dengan postur tubuh besar.

  • Namun jika anda memelihara anjing dengan postur tubuh kecil seperti Chihuahua dan Mini Pincher, maka anda bisa membeli kandang yang sudah siap pakai di pet shop tersebut dan meletakknya di dalam rumah anda.

 

  • Rajin membersihkan setiap selesai memberi makan anjing anda akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan anjing anda. Dengan membersihkan kandang secara rutin akan mencegah anjing terkena penyakit kulit seperti jamur dan serangan kutu atau caplak.

  • Usahakan memandikan anjing anda minimal seminggu sekali. Khusus anjing yang berbulu lebat, sisirlah terlebih dahulu bulu-bulunya agar kotoran-kotorannya dapat ikut dibersihkan sedikit saat menyisir. Dan untuk diperhatikan bahwa perlu kerja ekstra dalam mengeringkan bulu-bulunya. Anda bisa menggunakan hair dryer dengan suhu sedang untuk mengeringkan bulu-bulunya. Bulu-bulunya harus benar-benar kering karena kalau tidak, anjing akan bisa kedinginan dan lembap pada badannya yang dapat mengakibatkan rontok bulu. Bila anda mempunyai budget lebih anda bisa membawanya ke salon khusus pet. Namun, jika tidak, anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Selain menghemat, anda juga bisa menikmati waktu bermain dengan anjing anda saat anda memandikannya.

  • Berikan makanan tepat waktu dan dengan takaran yang wajar sesuai umur, jenis, dan berat badan anjing anda. Jangan berlebihan memberikan makanan kepada anjing anda karena anda hanya akan membuatnya mati secara perlaha-lahan karena dengna menggemukkan anjing anda dari berat yang ideal, akan membuat kerja jantung anjing anda menjadi lebih berat dari biasanya dan dapat mengakibatkan anjing anda mati karena serangan jantung.

 

  • Makanan yang diberikan jangan yang berkadar protein terlalu tinggi karena dapat menyebabkan gatal-gatal dan lemah tulang. Untuk anjing berbulu lebat, jenis makanan perlu sangat diperhatikan karena apabila terjadi kesalahan dalam memberikan makanan akan dapat mengakibatkan kerontokan bulu anjing.
  • Perbiasakan anjing anda berinteraksi dengan anda namun perbiasakan juga anjing anda untuk tidur, makan, dan buang hajat pada tempatnya. Anjing yang tidak dibiasakan berinteraksi dengan majikannya akan membuat anjing tersebut malah takut atau bahkan tidak mau berinteraksi sama sekali.

  • Perhatikan pula ukuran kuku anjing anda. Apabila sudah mulai panjang, harus segera dipotong karena kuku yang kepanjangan dapat membuat anjing anda mengalamin kesulitan dalam berjalan.

 

  • Ajak anjing anda jalan-jalan berkeliling kompleks beberapa hari sekali untuk melatih otot-otot kakinya dan mengikis bagian-bagian kasar dari kuku-kukunya, selain itu anda juga dapat sekalian jogging santai bersama anjing anda. Intinya, olahraga bersama. Namun sebelum itu pastikan anda merantai anjing anda dengan kaitan rantai yang tidak membuat anjing anda merasa tercekik dll.

 

Demikian tips yang dapat saya bagi berdasarkan pengalaman saya memelihara anjing dirumah saya. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang berminat untuk memelihara hewan yang lucu dan menggemaskan ini.

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: