RSS
Gallery

Trik Lem Pasang Wallpaper Dinding Rumah

23 May

Sekarang ini kebanyakan orang lebih suka menggunakan wallpaper. Selain praktis, wallpaper juga lebih banyak pilihan warna dan corak ketimbang cat yang biasa digunakan.

Dinding Harus Sehat

Sebelum memilih wallpaper, ukur dulu seberapa luas dinding yg akan dipakai sedetail mungkin, karena akan menentukan berapa banyak wallpaper yg dibutuhkan. Lalu, pastikan kondisi dinding layak pasang wallpaper. Jika dinding kotor, kasar, atau lembap, wallpaper tak akan terpasang sempurna. Jadi, lap dinding terlebih dahulu hingga bersih dari debu.

Ukur Dgn Akurat

Untuk menghindari kesalahan, ada baiknya tandai area dinding yg akan dipasangi wallpaper. Garis ini berguna sebagai petunjuk saat membuka gulungan wallpaper di dinding. Sisakan 3 cm pada ujung wallpaper dan 2 cm pada sisi kiri dan kanan. Setelahnya, potong sisa wallpaper tadi dgn cutter dan gunakan bantuan penggaris agar hasilnya rapi.

Menghitung Berapa Gulung Wallpaper Yg Dibutuhkan

Mudah saja. Misalnya untuk ruang tamu ukuran 4 X 5 m. Jika wallpaper yg dipakai berpola dgn pengulangan pola (repeat) per 60 cm dan 1 gulung (rol) kecil berukuran 10 m X 53 cm, “Maka yg dibutuhkan kira-kira sebanyak 10-12 gulung (rol) kecil,” jelas Lynda Octina, Gallery Supervisor dari Goodrich Gallery.

Semakin besar jarak repeat, semakin banyak sisanya. Lain halnya jika menggunakan wallpaper tanpa repeat, yg dibutuhkan jadi sekitar 9 rol. Intinya, lanjut Lynda, pintu dan jendela harus tetap dimasukkan ke dalam luas ruangan, ketika memasang wallpaper.

 

Trik Lem

Ada wallpaper yg pre-pasted, artinya sudah dilem. Jadi ketika dipasang, tinggal dibasahi menggunakan spons yg sudah direndam air .

Sebaliknya, jika tidak pre-pasted, gunakan lem khusus wallpaper yg harus dioleskan terlebih dahulu pada wallpaper dgn spatula. Banyak metode yg bisa dilakukan untuk merekatkan wallpaper pada tembok. Seperti, “Direndam dgn lem seharian atau temboknya yg dilem,” ujar Lynda.

Pasang Wallpaper

Trik memasang wallpaper lain lagi. Ketika memasang wallpaper, gulung ke arah depan sehingga bagian yg dilem akan saling bersentuhan. Selanjutnya, Anda tinggal memasangnya di dinding. Lakukan pelan-pelan agar wallpaper yg dipasang tidak bergelembung.

Bagaimana jika ingin mengganti wallpaper yg sudah ada? “Jika masih ada bagian yg melekat, basahi saja dgn spons yg lembap. Pastikan dinding halus kembali dan layak dipasangi wallpaper.”

Jadi, tak masalah jika ingin warna yg berbeda, asalkan dinetralkan dgn konsep general tadi. Misalnya, untuk aksen dipilih warna jingga, netralkan dgn wallpaper bermotif bunga krem dipadu jingga.

Sudah siap make over dgn wallpaper? Layak dicoba! Pasalnya, wallpaper bukan tempelan belaka, ia justru memberi warna baru untuk rumah kesaygan Anda.

Sumber: www.tabloidnova.com
 
4 Comments

Posted by on May 23, 2011 in DESAIN, INTERIOR/DESIGN

 

Tags: , , , , ,

4 responses to “Trik Lem Pasang Wallpaper Dinding Rumah

  1. eny irnia

    September 26, 2011 at 9:03 am

    sore pak,
    saya mw tanya..
    saya ingin menggunakan wallpaper dinding untuk menghias ruang toko saya. dengan ukuranruangan 6×9 m, maka budged yang perlu saya keluarkan kira-kira berapa untuk jenis wallpaper yang bagus dan tahan lama.

    terimakasih,
    salam
    eny

     
    • aris

      September 1, 2012 at 6:19 pm

      Tergantung kwalitas wallpaper masalah budget bu…………!!!! ada yng murah ada yng paling mahalsekali..

       
  2. Suryasni.Aris

    September 8, 2012 at 10:22 am

    Malam Pak Sy mau naya Untuk walpaper Plafon ada ngak…..

     
    • aris

      September 14, 2012 at 1:17 pm

      ada bu………..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: