RSS

Gaya Hidup: Menurunkan Berat Badan Bukan Trend

04 May

Bagi kita yang merasa diri kita memiliki berat badan melebihi berat ideal, pastinya ingin menurunkan berat badan, khusunya kaum wanita agar terlihat menarik. Jujur saja, setelah Anda menimbang berat badan, lalu menghitung-hitung ternyata berat badan Anda beberapa kilo lebih banyak daripada berat badan ideal, apa yang Anda lakukan? Panik? Ditambah lagi jeans kesayangan Anda tidak muat lagi? Apakah Anda tergoda dengan berbagai produk pelangsing yang banyak dijual? Misalnya saja smoothie pengganti makanan sehari-hari, korset pelangsing, krim pembakar lemak dan lain sebagainya. Jika iya dan Anda sempat mencobanya, apakah berhasil?

  • Mengapa Sering Gagal?

Menjadi langsing dan bisa memakai busana apapun memang menggoda bagi setiap wanita. Kalau bisa, badan Anda yang dikecilkan sehingga muat bila memakai baju ukuran S, bukan bajunya yang diperbesar agar cukup untuk tubuh Anda. Anda (dan jutaan wanita lainnya) akan tergoda untuk membeli berbagai produk pelangsing dalam bentuk apapun. Atau, bila ada artis X yang melakukan diet Y dan semakin langsing, Anda juga pasti akan terpesona dan berniat mencoba diet Y. Anda sudah meminum obat pelangsing, mencoba berbagai diet dan cara instan lainnya (akui saja kalau kebanyakan wanita suka hasil instan), tetapi selalu gagal dan gagal lagi. Kenapa?

Karena Anda masih menganggap bahwa menurunkan berat badan ke angka ideal hanya sebatas ‘nafsu’ ingin tampil selangsing wanita lain. Hanya sedikit yang menanamkan pemikiran bahwa menurunkan berat badan ke angka ideal adalah bagian dari gaya hidup sehat. Sehingga sebanyak apapun artikel yang Anda baca mengenai cara penurunan berat badan dan bahaya obesitas, tetap tidak akan membuat program penurunan berat badan Anda berhasil. Sekalipun berhasil, Anda akan segera kembali pada kelebihan berat badan (bahkan lebih berat daripada sebelumnya). Akui saja, tidak perlu malu, karena bukan Anda seorang diri yang mengalaminya.

Selama Anda belum menyadarkan pemikiran Anda bahwa berat badan ideal Anda bagian dari gaya hidup sehat, maka Anda akan sulit untuk memperoleh berat badan ideal dibandingkan mereka yang telah menyadari bahwa berat badan ideal adalah bagian dari kehidupan mereka sehari-hari.

  • Diet Tidak Sekedar Makan Sayur Dan Lapar


Yup, hilangkan diet dari pemikiran Anda. Apa sih diet itu? Mayoritas akan menjawab, “Hanya makan sayur, buah, yogurt dan minum air mineral.”, “Mengurangi porsi makan seperti porsi bayi.” Sebagian yang lain menganggap diet adalah membuat diri kelaparan sehingga berat badan akan turun dengan sendirinya. Ini adalah pandangan yang salah total mengenai diet. Seperti yang sudah dituliskan di atas, berat badan Anda akan turun setelah Anda hanya makan sayur, buah dan menu diet lainnya selama beberapa minggu. Tetapi saat Anda memasukkan lagi makanan kesukaan Anda seperti kentang goreng atau nasi Padang, maka tubuh Anda akan meminta jatah kalori seperti dahulu.

“Aku tidak akan makan makanan berkalori tinggi supaya berat badanku turun.” tetapi tubuh Anda akan memberontak setelah berminggu-minggu hanya memakan buah, sayur dan sekerat biskuit gandum. Biasanya para wanita akan mengalami masa suram ini, mencoba memanjakan lidah dan baru sadar setelah menghabiskan sekantung besar keripik kentang dan beberapa biji donat berlapis coklat yang lezat. Kalau sudah begini, maka BOM… tubuh Anda akan kembali pada angka yang mengerikan akibat diet yang keliru. Jika hanya sebentar lalu kembali lagi pada berat awal, ini bukan bagian dari gaya hidup sehat.


  • Tidak Ada Yang Instan


Ingin berat badan Anda mencapai angka ideal? Tidak ada lagi alasan bermalas-malasan dan hanya mengandalkan produk instan. Produk instan yang bekerja dengan cepat hanya akan menghasilkan hasil instan. Jika Anda ingin hasil yang permanen, maka tinggalkan berbagai cara instan tersebut. Mulai atur pola makan Anda, kunjungi ahli gizi agar menu yang Anda makan benar dan tidak asal melaparkan diri dengan dalih ingin langsing, karena bisa-bisa Anda kekurangan gizi. Tidak perlu takut hanya makan sayur dan buah, karena ahli gizi akan menyeimbangkan menu Anda. Anda masih bisa makan roti, keju, daging dan lain sebagainya dengan pola yang teratur dan sehat.

Jika sudah mendapat menu sehat, tubuh Anda akan mulai membiasakan diri dengan menu tersebut. Lalu? ambil sepatu olahraga Anda dan gerakkan tubuh Anda. Tidak ada cara lain untuk mempertahankan berat badan ideal selain olahraga dan banyak berlatih kebugaran. Tidak ada alasan bahwa gym itu mahal, Anda bisa jogging/jalan cepat di sekitar tempat tinggal Anda. Tidak perlu memaksakan diri jogging sejauh 8 km dalam sehari, yang harus Anda biasakan adalah olahraga teratur. Sehari 30 – 45 menit sudah cukup untuk membuat tubuh Anda membakar kalori dan lebih sehat.

  • Ini Adalah Gaya Hidup Sehat


Sama halnya seperti menghindari diri Anda dari rokok, Anda tahu bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan, maka Anda tidak akan menyentuhnya. Begitu juga bila Anda telah menanamkan pola hidup sehat (yang tidak hanya trend sesaat), maka Anda tidak akan malas memakai sepatu olahraga dan bisa tegas mengatakan tidak pada seporsi besar makanan berlemak dan mengandung banyak kalori (yang menurut orang-orang sangat lezat dan sayang jika dilewatkan). Oke, Anda bisa sekali-kali memanjakan lidah Anda, tetapi karena Anda sudah tahu sampai mana batasnya, maka Anda akan berhenti dengan sendirinya.

Ingat, tidak ada lagi cara instan. Tidak ada tongkat sihir. Anda yang harus mulai bergerak. Ingat, membiasakan hidup sehat akan berjalan lebih lama, karena Anda akan semakin sayang pada kesehatan tubuh Anda. Jika hasilnya adalah tubuh yang langsing, itu adalah bonus yang memang pantas Anda dapatkan.

Gambar : google.com

Artikel : id.berita.yahoo.com/menurunkan-berat-badan-bukan-trend-032800278.html

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: