RSS

Dominasi Smartphone dan Tablet di Atas 50 Persen

21 Apr

Dominasi smartphone dan tablet diperkirakan akan menguasai pasar perangkat komputer di tahun 2011. Hal ini tersingkap dari data terbaru yang diberikan oleh Divisi Teknologi, Media dan Telekomunikasi Deloitte, akhir Maret 2011. Deloitte mengumumkan prediksi yang paling signifikan untuk sektor media pada tahun 2011.

Menurut Deloitte, lebih dari 50 persen dari perangkat komputer pada tahun 2011 yang dijual di dunia akan berbentuk smartphone, tablet dan netbook non-PC, sehingga mematahkan dominasi pasar PC yang telah berjalan beberapa dekade ini. Menurut perkiraan di tahun 2011, pada pasar perangkat komputer, akan terjual 375 juta smartphone dan 50 juta tablet. Selain itu diperkirakan juga pada tahun 2011 akan terjual sebanyak 150 juta desktop, 200 laptop dan 40 netbook.

Berbeda dari fenomena netbook di tahun 2009, tahun ini pasar perangkat komputer akan didominasi oleh alat yang memanfaatkan chip prosesor dan sistem operasi yang berbeda dari yang digunakan dalam PC selama 30 tahun terakhir ini. Perubahan ini merupakan suatu titik kritis dalam pergeseran dunia dengan banyak peralatan standar yang mirip PC menuju  lingkungan yang jauh lebih heterogen

Masih menurut data dari Deloitte, meski banyak muncul aneka ragam sistem operasi smartphone dan tablet tetapi belum ada sistem operasi yang mendominasi pasar komputer non-PC yang berkembang pesat ini. Sebuah peluang untuk para pemain di sistem operasi non-PC.

Para produsen tablet boleh senang karena menurut Deloitte, tablet akan menjadi signifikan bagi perusahaan, karena di perusahaan perangkat tablet lebih dari sekedar mainan. Tahun ini diperkirakan 25 persen tablet yang dijual akan dibeli oleh perusahaan-perusahaan, dan angkat tersebut akan semakin besar setiap tahun. Jumlah unit tablet yang akan dibeli oleh perusahaan-perusahaan tersebut di tahun 2011 diperkirakan 10 juta unit. Permintaan konsumen akan tablet diperkirakan tetap besar, namun permintaan dari perusahaan akan berkembang dengan lebih cepat.

Sumber:http://chip.co.id

 
Leave a comment

Posted by on April 21, 2011 in TREND OF ELECTRONICS

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: