RSS

Romantis Dengan Kelambu

13 Apr

KELAMBU pada ranjang, selain bisa menjadi penangkal serangan nyamuk, juga memiliki fungsi lain, yakni mempercantik ruang pribadi Anda.

Pada mulanya, kelambu hanya digunan untuk melindungi dari nyamuk saja. Modelnya pun biasa karena tidak difungsikan sebagai aksesori untuk mempercantik ruangan. Kelambu ini dipasangkan diatas ranjang.tidak ada design yang menarik,namun saat ini kelambu bisa di design secantik mungkin untuk dekorasi apapun.

Foto: Corbis

Awalnya tirai tipis, tembus pandang, dan berjaring ini juga hanya disangkutkan di pilar-pilar ranjang kayu. Namun, saat ini ada kelambu yang digantung di plafon-plafon rumah. Ditambah dengan berbagai aksesori lucu dan manis sehingga memberi kesan lebih cantik di ranjang dan kamar Anda. Warna kelambu kini juga tidak hanya putih. Warna-warna cerah dan bermotif mulai banyak bermunculan agar bisa disesuaikan dengan ranjang atau furnitur kamar yang lain.

Untuk mendekornya, tidak sulit dan tidak memerlukan biaya besar. Namun, jika kesan mewah yang ingin ditampilkan, maka kita harus siapa dengan bujet yang cukup besar juga.

Terpenting, untuk mendekor ranjang kelambu perlu ada keserasian antara ranjang dan kelambu dengan interior kamar serta selera pemilik kamar. Pasalnya, yang menikmati kamar itu adalah yang menempatinya. Jadi, keindahan harus disesuaikan dengan selera sehingga si empunya kamar akan mendapat kepuasan dan kenyamanan terhadap ranjang kelambunya.

Saat ini, gaya klasik tengah digandrungi. Model ranjang klasik dengan tiangtiang tinggi yang dihiasi ukiran Jepara bergaya Indonesia maupun pilar ranjang bergaya bangunan klasik zaman Renaisance Eropa dipadu dengan kelambu polos maupun bermotif dan warna cerah pun diboyong ke atas ranjang untuk mendapatkan kesan zaman kerajaan masa itu.

Ranjang Cantik

Ternyata ranjang kelambu bisa tampil cantik tanpa aksesori kelambu, meskipun akan terlihat seperti ada yang kurang. Namun, ranjang yang memiliki empat pilar di sisinya itu juga dapat dijadikan interior yang menarik tanpa dipasang kelambu. Sebab, desain ukiran di pilar-pilar yang berdiri kokoh di atas ranjang memberi tampilan yang alami zaman kerajaan dulu. Biasanya, ranjang kelambu banyak dijumpai di rumahrumah dengan model rumah tropis.

Untuk ranjang, model ukiran Jepara menjadi pilihan. Spesialis Ukir Jepara Noor Cholis Abdul Manan dari PD Berkah Jepara Ukir menuturkan, ranjang kelambu yang mengikuti gaya kuno namun didesain dengan gaya baru masih banyak dicari.

Berbagai ukuran ranjang kelambu dari kayu jati dijual di tempatnya, mulai ukuran nomor satu (180cm x 2 meter), nomor dua (190cm x 2 m), nomor tiga (120cm x 2 m), dan jumbo (2×2 m).

“Paling banyak dipesan adalah ranjang nomor dua, yang cocok untuk kamar ukuran 3,5m x 3,5m, sehingga tidak memberi kesan terlalu sempit,” katanya. Modelnya ada Tiara, Kanopi, dan Rahwana.

Model Tiara dan Rahwana memiliki banyak ukiran, baik di ranjang maupun di tiang-tiangnya, sedangkan model Kanopi tidak terlalu banyak ukiran. Namun, kesan yang ditampilkan model Kanopi lebih mewah sehingga orang banyak melirik model ini ketimbang dua model lainnya.

“Bahkan, model Kanopi lebih banyak terdapat di rumah- rumah mewah,” ujarnya. Untuk ranjang kelambu itu sendiri, dia mematok harga antara Rp3 juta-Rp4 juta.

Banyak orang menyukai ranjang kelambu karena ranjang kolonial itu tidak lagi dipandang sebagai model yang kuno. Dengan tambahan kelambu cantik pada ranjang ukir Anda, kesan romantis, hangat, dan cantik justru makin terasa. Namun, penggunaannya pun harus dipadupadankan secara apik antara kelambu dan ranjang, aksesori, dan furnitur di kamar tidur.

Dengan ranjang kelambu bergaya klasik dan interior yang disesuaikan, kesan kamar tidur menjadi mewah tanpa gangguan nyamuk.

sumber:

http://lifestyle.okezone.com/read/2008/06/06/30/116089/30/romantis-dengan-kelambu

 
Leave a comment

Posted by on April 13, 2011 in INTERIOR/DESIGN

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: