RSS
Gallery

AFX 2011, Ajang Kumpul Pelaku Industri Fesyen Asia

05 Apr
(Foto: dok. AFX)
(Foto: dok. AFX)

SETELAH sukses dengan acara perdananya tahun lalu, Asia Fashion Exchange (AFX) kembali digelar di Singapura pada Mei 2011. Acara bakal menjadi pijakan besar bagi pelaku industri mode Asia, termasuk Indonesia.

AFX diselenggarakan dengan berbagai program dan aktivitas perdagangan komprehensif, yang berguna bagi pelaku industri fesyen dan konsumen di dalamnya. AFX bertujuan mengembangkan keberlanjutan industri fesyen Singapura untuk jangka panjang dengan membangun kemampuan dan bakat-bakat Asia pada platform internasional. Dan akhirnya, menjadikan Singapura sebagai pusat fesyen Asia.

AFX adalah gabungan antara sektor privat dan publik, yaitu kerja sama antara Textile and Fashion Federation of Singapore (TaFf), Mercury Marketing and Communications, serta instansi pemerintah, International Enterprise (IE) Singapura, SPRING Singapura (SPRING) dan Singapore Tourism Board (STB).

“Singapura telah lama dikenal sebagai surga bagi orang yang gila belanja. Kami berharap AFX dapat melampaui arti belanja dengan memupuk bakat desainer muda Asia dan menyediakan mereka sebuah platform untuk masuk ke pasar internasional. Dengan meningkatnya minat terhadap karya fesyen Asia, tidak ada waktu lebih baik dari sekarang untuk Singapura mempertaruhkan tuntutannya di peta fesyen dunia,” papar Ranita Sundramoorthy, Direktur Atraksi, Restoran, dan Eceran Singapore Tourism Board, dalam siaran pers yang diterima redaksi okezone, Senin (4/4/2011).

AFX 2011 dengan tema “Rise of Asian Consumerism” akan diselenggarakan di Raffles City Convention Centre, Singapura, pada 11-22 Mei 2011. Empat program yang ditargetkan untuk konsumen, perdagangan, dan industri fesyen, antara lain:

Asia Fashion Summit (18-20 Mei)

Asia Fashion Summit adalah sebuah konferensi bisnis utama yang memberikan pengetahuan, wawasan, dan pandangan seputar fesyen bagi para profesional di bidang industri fesyen Asia. Acara ini akan membawa lebih dari 30 pakar dari industri fesyen di seluruh dunia. Acara disampaikan secara terstruktur lewat presentasi, sesi panel interaktif, workshop kelompok kecil, dan masterclass.

Beberapa narasumbernya, seperti Andrew Wu (LVMH Group Director for China), Mark Baumann (Head of Visual  Merchandising, Lane Crawford), Simon Gaffey (International Director, Karen Millen), Eric Jennings (VP Men’s Fashion, SAKS Fifth Avenue), Douglas Benjamin (CEO  FJ  Benjamin), Bryan Riviere (Head  of   Global  Sourcing  and Manufacturing, Lululemon   Athletica), Hamilton  South (Founder   and   CEO HL Group), dan Juliet Warkentin (Global Content Director, WGSN).

“Indonesia memiliki industri fesyen yang cukup bergairah, terbukti dari Bali & Jakarta Fashion Weeks serta rancangan busana yang terkenal dan karya seni budaya yang kaya. Hal tersebut menandakan Indonesia memiliki potensi industri fesyen yang harus dieksplor lebih jauh. Dengan begitu, Indonesia dapat bersaing dengan pelaku industri fesyen lainnya di kawasan Asia. Melalui Asia Fashion Summit 2011, para pelaku bisnis di industri fesyen mendapatkan kesempatan untuk memperluas jangkauan produknya,” papar Chris Koh, TaFf’s Honorary President.

Audi Fashion Festival (13-19 Mei)

Audi Fashion Festival 2011 (AFF) merupakan sebuah pameran yang menampilkan koleksi kelas dunia dari desainer dan label internasional. Pameran yang dihelat di Tent@ Ngee Ann City ini dijamin akan lebih besar dari tahun lalu. Sebab, dihelat lebih lama, yakni tujuh hari dibandingkan tahun lalu yang hanya lima hari.

Blueprint (19-22 Mei)

Blueprint merupakan sebuah pameran dagang yang membawa pembeli di dunia dan bakat desain ke Singapura untuk melakukan bisnis di Asia. Blueprint 2011 membuka pintu untuk pengalaman belanja yang unik kepada konsumen. Pencinta fesyen akan memiliki kesempatan langka untuk membeli potongan edisi terbatas dari peserta pameran, yang sebagian besar tidak tersedia secara lokal.

Star Creation (11 Mei)

Star Creation merupakan sebuah kompetisi desain fesyen yang siap menyingkap bakat-bakat Asia masa depan. Tahun lalu, pesertanya mencapai 75 orang hingga mengerucut menjadi 12 finalis. Dan akhirnya, tiga pemenang terpilih, di antaranya Audrey Lim (21 tahun asal Singapura), Kitty Miao Mei Rong (33 tahun asal China), dan Daniel Ngoo (23 tahun asal Malaysia).

Para pemenang mendapatkan hadiah uang tunai 10.000 Dolar Singapura serta kontrak kerja setahun ditambah gaji 2500 Dolar Singapura per bulan dengan ritel fesyen terkemuka, FJ Benjamin.

 

sumber  = http://lifestyle.okezone.com/read/2011/04/04/29/442298/afx-2011-ajang-kumpul-pelaku-industri-fesyen-asia

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: