RSS

Seni Origami untuk Hiasan Rumah

14 Mar

Rumah adalah tempat dimana kita merasa nyaman. Kadangkala kita membutuhkan aksesoris untuk menghiasi rumah, apalagi ruangan kamar. Kita tak perlu mencari aksesoris mahal untuk hiasan tersebut. Bisa juga dengan kreatifitas kita, misalnya dengan seni origami. Terutama untuk kamar anak-anak.

Seni origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan kreatifitas kita.


Di Jepang, anak-anak kecil disuruh untuk belajar origami. Selain untuk melestarikan kebudayaan, cara ini juga membuat orang jepang mengerti akan artinya sebuah konsep. Jadi tidak heran sekarang Jepang menjadi salah satu negara yang maju dalam bidang teknologi.

Origami ada banyak sekali bentuknya, baik berupa bentuk hewan maupun tumbuhan. Hewan yang paling sering dijadikan origami adalah burung. Sementara itu tumbuhan yang dijadikan origami bisa berupa bunga dan lain-lain.

Untuk membuat origami mungkin agak sedikit sulit pada awalnya, namun apabila sudah terbiasa akan menjadi mudah. Di sini saya juga akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara membuat seni origami.

Langkah pertama dalam membuat origami adalah persiapkan alat-alatnya. Peralatannya antara lain adalah kertas, pensil dan gunting. Namun jika sudah biasa, peralatannya cukup kertas saja, karena pensil dan gunting perannya hanya membantu kita.

Kemudian pilih bentuk yang kita inginkan. Misalnya kita mau membuat origami berbentuk burung, karena model tersebut sangat populer di Indonesia. Perhatikan lipatan dalam membuat origami tersebut. Buat lipatan bagi dua pada kertas segi empat sehingga menjadi bentuk segitiga, kemudian selanjutnya lipat lagi ke kanan, lipat lagi ke kiri. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dan video berikut ini.

 

Setelah kita dapat membuatnya, kita dapat menggantungnya di langit ruang kamar buah hati kita. Sehingga ruangan kamar terlihat lucu dan menarik. Dapat pula ditambah dengan bentuk origami lainnya seperti bunga ataupun hewan-hewan lain misalnya.

Anak pasti akan menyukainya, apalagi jika diajak untuk membuat origami tersebut bersama-sama. Sehingga rasa kebersamaan dan kebahagiaan keluarga kita akan semakin menyenangkan. Selamat menikmati hari Anda bersama keluarga tercinta.

Sumber gambar :

About these ads
 

Tags: , , , , , , ,

One response to “Seni Origami untuk Hiasan Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 236 other followers

%d bloggers like this: