RSS

Kriteria Rumah Sehat

08 Jul

Anda sudah tentu ingin rumah anda menjadi rumah yang sehat untuk dihuni bersama keluarga tercinta anda bukan? Untuk bisa menentukan apakah rumah anda sudah termasuk rumah sehat atau belum, berikut akan saya jelaskan beberapa criteria rumah sehat kepada anda.

Rumah sehat adalah rumah yang bisa memberikan rasa nyaman kepada seluruh penghuni rumah tersebut lewat suasana rumah yang sehat dan bersih tentunya. Sering orang salah kaprah dengan menganggap rumah yang sehat adalah rumah yang sering dibersihkan dan dirapihkan. Disini saya ingin memberitahukan bahwa hanya dengan melakukan itu saja tidak menjamin rumah anda adalah rumah yang sehat.

Kriteria utama sebuah rumah agar dapat menjadi rumah yang sehat adalah terdapatnya sirkulasi udara yang baik dan cukup serta pencahayaan yang baik. Kedua hal ini bisa didapatkan dengan cukupnya jumlah ventilasi dan jendela dirumah anda. Fungsi utama dari ventilasi adalah untuk menjaga agar sirkulasi udara berjalan dengan baik sehingga keseimbangan oksigen yang diperlukan penghuni rumah dapat terjaga dengan baik. Kurangnya ventilasi akan menyebabkan tidak lancarnya sirkulasi udara sehingga akan membuat rumah menjadi pengap dan sesak.

Rumah yang sehat juga harus mendapat pasokan cahaya yang cukup. Kurangnya cahaya yang masuk kedalam rumah akan mempermudah bibit penyakit untuk berkembang biak dalam rumah anda. Akan tetapi jangan sampai berlebihan juga karena dapat menyilaukan mata anda dan bisa mengakibatkan kerusakan pada mata anda.

Cahaya ini dapat diperoleh dengan cara alami yaitu cahaya matahari dan cahaya buatan yaitu cahaya lampu. Untuk memperoleh cahaya alami yang cukup tentu saja terpengaruh oleh jendela yang ada. Dalam membuat jendela harus memperhitungkan sinar matahari, cahaya matahari dapat langsung masuk ke ruangan, jadi dapat dikatakan kalau jendela adalah jalan masuk cahaya.

Lokasi penempatan jendela harus sangat diperhatikan yaitu jendela harus ditengah-tengah tinggi dinding agar cahaya matahari masuk menyinari lantai  dan bukan menyinari dinding karena akan mengakibatkan kerusakan cat pada dinding anda dan rumah anda hawanya akan terasa panas.

Selain kedua criteria utama ini, beberapa hal yang menjadi penunjang agar rumah kita menjadi rumah yang sehat adalah tersedianya system pembuangan kotoran yang baik, dan lingkungan tempat tinggal yang baik. Rumah yang sehat juga tidak hanya dari segi fisik rumahnya saja, namun suasana dirumah pun harus dibuat senyaman mungkin oleh para penghuninya seperti dengan mengisi hari-hari bersama keluarga dengan penuh kasih sayang dan cinta kasih. Dengan demikian rumah anda pun akan bisa dikategorikan sebagai rumah sehat.

About these ads
 
4 Comments

Posted by on July 8, 2011 in INTERIOR/DESIGN

 

Tags: , ,

4 responses to “Kriteria Rumah Sehat

  1. joko suharja

    October 3, 2011 at 9:49 am

    thanks atas informasinya. ada informasi lainnya?

     
    • DESIGNING MY LIFE

      October 4, 2011 at 6:18 am

      sama-sama….silahkan liat di postingan saya sebelum dan selanjutnya…salam kenal ya?

       
  2. weni

    January 19, 2012 at 4:58 am

    Good..saya šƐńƐƞǧ liputannya

     
  3. Skripsi Hukum

    April 7, 2012 at 1:35 pm

    mantab desainyannya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 235 other followers

%d bloggers like this: