RSS

Elektronik Tentang Konversi Energi

28 Apr

Belakangan ini kita sering mendengar berita atau headline baik di media massa maupun media elektronik mengenai usaha konversi energi. Berita itu adalah konversi energi dari minyak tanah menjadi gas LPG 3kg. Ini dipicu karena timbulnya kelangkaan minyak tanah di berbagai daerah, baik di kota besar maupun di desa. Hal ini menyebabkab harga minyak tanah menjadi melambung karena berbagai hal seperti masalah distribusi, penimbunan, panik dan sebab-sebab lainnya. Tentu dengan pengalihan penggunaan minyak tanah menjadi gas LPG diharapkan ketergantungan masyarakat terhadap minyak tanah semakin berkurang.

Editorial ElectronicLab.com tidak bermaksud untuk mengulas kelangkaan ini tetapi lebih menyoroti tentang konversi energi itu sendiri. Menurut hemat kami, sebenarnya istilah konversi energi dalam hal ini juga tidak sepenuh tepat. Mestinya yang benar adalah konversi saja tanpa embel-embel energi, yaitu peralihan pemakaian bahan bakar.

Pengertian konversi energi adalah perubahan bentuk energi dari yang satu menjadi bentuk energi lain. Textbook buku fisika tentang hukum konservasi energi mengatakan bahwa, “energi tidak dapat diciptakan (dibuat) ataupun di musnahkan akan tetapi dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk lainnya”.

Ingat revolusi industri yang dimulai dari penemuan mesin uap oleh James Watt, ini adalah contoh konversi energi dari energi batubara menjadi energi gerak mesin uap. Pada kehidupan sehari-hari misalnya energi lisrtik diubah menjadi energi cahaya lampu atau panasnya heater, dinginnya AC (air conditioner) atau menjadi energi gerak motor listrik dan lain sebagainya. Pada masa sekarang memang peranan energi listrik ini cukup luas dan lebih mudah meng-konversi energi listrik ini menjadi bentuk energi lain. Energi listrik sendiri adalah produk konversi energi dari energi lain seperti energi kinetik air terjun, energi uap/panas bumi, energi minyak diesel, energi batubara dan lain sebagainya.

Yang perlu kita pikirkan sekarang adalah bagaimana kita bisa mendapatkan energi listrik yang murah, bersih, aman dan yang penting dapat ter-regenerasi. Minyak dan batubara termasuk energi yang tidak di regenerasi karena sumber energi ini jumlahnya terbatas, hingga di masa mendatang, energi ini akan habis. Alternatif lainnya seperti energi matahari, energi ini dapat dikonversi dengan solar cell kemudian disimpan kedalam baterai penyimpan dan inverter DC/AC . Ini merupakan energi yang dapat di regenerasi, karena sumbernya melimpah dan selalu tersedia.

Energi lainnya yang sering menjadi pembicaraan adalah energi nuklir Energi ini masih menjadi momok karena takut akan resiko efek radiative jika sampai terjadi sesuatu. Usaha-usaha untuk mendapatkan energi yang ramah lingkungan masih terus dilakukan, misalnya penelitian tentang pemanfaatan hidrogen atau dikenal dengan fuel cell yang sumbernya adalah air. Hidrogen di campur dengan Oksigen menghasilkan energi yang dapat menggerakkan motor listrik dan hasil buangannya adalah air. Masalahnya hidrogen tidak tersedia di alam bebas dan untuk memisahkannya dari air diperlukan energi.

Sumber : http://pusatinfoelektronik.com/156/elektronik-tentang-konversi-energi/

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on April 28, 2011 in TREND OF ELECTRONICS

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 236 other followers

%d bloggers like this: